Forum Budaya Mataram Apresiasi Aksi Sosial PGN di Pesanggrahan Langenharjo

Sukoharjo, Kabarjoglo.com – Puluhan Anggota Patriot Garuda Nusantara (PGN) menyelenggarakan aksi sosial bersih bersih Pesanggrahan Langenharjo, Sukoharjo, dengan target sasaran pengecatan tembok pagar, membersihkan rumput dan kebun. Minggu (15/01/23).

Bacaan Lainnya

Koordinator Kegiatan, Eko Hardiyanto mengungkapkan bahwa “aksi sosial jni merupakan yang pertama kali dilakukan oleh PGN di Pesanggrahan Langenharjo, sebelumnya kami melakukan penggalangan dana di internal PGN khususnya PGN Sukoharjo, lalu bersinergi dengan PGN Solo Raya” ungkapnya.

Mendengar hal tersebut, Forum Budaya Mataram (FBM) turut mengapresiasi aksi sosial PGN, hal ini disampaikan oleh Ketua Umum FBM, Dr. BRM Kusuma Putra, S.H, M.H, yang turut hadir dalam kegiatan.

“Apa yang dilakukan PGN ini sangat bagus, hal ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat terhadap pelestarian cagar budaya. Pemerintah belum bergerak namun masyarakat sudah bergerak dalam menguri-uri cagar budaya Bangsa Indonesia” ujar Kusuma.

Kondisi Pesanggrahan Langenharjo saat ini memang membutuhkan perhatian serius dari pemerintah pusat melalui dinas terkati ataupun pemerintah daerah. Hal ini lah yang disorot oleh Kusuma, yakni peran Pemda terhadap upaya pelestarian dan perlindungan objek atau bangunan cagar budaya yang dirasa belum maksimal. Seperti halnya penanganan pembongkaran tembok beteng dalem Singopuran yang sampai saat ini belum jelas proses hukumnya.

“Perlindungan Cagar Budaya tidak bisa hanya dari sisi pemeliharaan saja, namun perlindungan hukum juga harus menjadi perhatian serius Pemkab Sukoharjo. Jangan sampai pemda dan dinas terkait saling lempar melempar soal perawatan dan pelestarian cagar budaya, sebab siapapun bisa melalukannya” tambah Kusuma.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan