CARA MENGATASI KULIT KERING

Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang hangat. Namun perubahan cuaca saat ini, membawa perubahan untuk kulit kita yang hidup di Indonesia. Cuaca yang tiba-tiba panas, atau yang tiba-tiba dingin, mengakibatkan kulit kita menjadi kering.

Kulit kering adalah masalah yang terjadi ketika lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Akibatnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, hingga pecah-pecah. Dalam istilah medis, kulit kering disebut juga dengan Xerosis.

Tanda-tanda kulit kering bisa dilihat dari :
Kaku dan terasa tertarik
Kulit yang kaku dan terasa tertarik sehabis mandi atau mencuci wajah adalah salah satu ciri umum kulit kering.
Garis halus lebih terlihat
Berkurangnya produk kolagen dalam tubuh. Sehingga menyebabkan garis-garis halus atau keriput pada wajah jadi lebih jelas terlihat.
Tampak kusam dan kasar
Kulit kering juga cenderung lebih mudah mengalami kondisi kulit yang kusam dan kasar ketika disentuh.
Muncul bercak kemerahan
Lapisan kelembaban kulit yang terganggu tidak bisa menjalankan fungsinya untuk melindungi kulit dengan baik. Akibatnya, mudah mengalami iritasi dan lebih sensitif
Pori-pori hampir tidak terlihat

Pori-pori adalah lubang kecil yang berfungsi mengeluarkan keringat dan minyak dari kulit. Karena pori-pori yang kecil inilah mengakibatkan kadar minyak berkurang sehingga kulit tampak lebih kering

Bagaimana cara mengatasinya?
Menurut dr. Aditya Ratna Utari, yang saat ini berpraktek di ZAP Beauty Clinic DP mall Semarang, Kulit kering merupakan masalah yang sering terjadi pada Wanita yang sudah berusia matang. Namun tidak menutup kemungkinan, Wanita usia muda juga mengalaminya. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup, pola makan, dan juga kebiasaan-kebiasaan lainnya. Kurang bisa menjaga kebersihan badan misalnya. Kadar air dalam kulit memiliki peran penting pada fungsi kulit sebagai skin barrier. Hidrasi kulit yang kuat sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit. Kulit kering terjadi ketika susunan Barrier kulit dan proses repair tidak mampu menahan paparan negatif dari lingkungan sehingga kulit tidak mampu beregenerasi
Berikut Tips-tips untuk mengatasi kulit kering menurut dr. Aditya Ratna Utari :

Basic skincare
Basic skincare yang wajib selalu digunakan untuk jenis kulit apapun yaitu Cleanser, Sunscreen dan Moisturizer. Untuk kukit kering gunakan Cleanser yang dapat menghidrasi, Moisturizer bisa pilih 2 -3 jenis kandungan Moisturizer untuk menghidrasi kulit. Menggunakan Sunscreen ketika aktivitas diluar ruangan. Untuk skincare tambahan sesuai kebutuhan jenis kulit seperti serum dan cream yang mengandung Active Ingredient sesuaikan dengan permasalahan kulit kamu.

Ingredient yang tepat
Pemilihan ingredient dan tekstur dari skincare juga penting untuk mendapatkan hasil yang optimal. Pada kulit kering bisa dipilih ingredient untuk jenis moisturizer dengan kandungan Ceramide, Hyaluronic acid, Lactid Acid, Glycerin. Untuk kulit kering bisa menggunakan Oil Based Cream karena dapat memberikan kelembaban pada kulit lebih banyak dan mencegah kehilangan air lebih baik dibanding Lotion biasa.

Treatment
Dari basic bisa menggunakan beberapa treatment sebagai berikut :
Intense Pulse Light (IPL) Rejuvenation
Perawatan ini dapat mencerahkan wajah, meratakan warna kulit serta melembabkan wajah.
Photo Facial Glow
Selain mencerahkan treatment ini berfungsi untuk :
Mengurangi hiperpigmentasi kulit dilapisan dalam (dermis)
Mengecilkan pori-pori serta mengurangi produksi minyak berlebih
Meningkatkan produksi kolagen
Melembabkan serta menjadikan kulit lebih kenyal dan cerah
DNA Salmon Micro Injection
Memperbaiki elestisitas kulit sehingga memperbaiki penampilan wajah secara keseluruhan
Membantu mengencangkan kulit wajah
Mengaktifasi kolagen untuk pencegahan penuaan
Memperbaiki tekstur kulit yang kasar
Mencerahkan warna kulit
Mengurangi tampilan kerutan dan garis halus pada wajah
Mengurangi pori-pori besar
Menghidrasi kulit

Edukasi ormon ormon pencetus kulit kering:
Hindari bahan aktif yang menyebabkan kulit mudah iritasi seperti BHA, AHA, scrub
Jangan over exfoliate
Exfoliate sendiri adalah perawatan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan debu kotoran yang menempel di permukaan kulit.
Dehidrasi >> banyak minum air putih
Faktor internal: stress, ormone imbalance
Paparan sinar matahari berlebih >> gunakan Sun Protection

Apabila permasalahan kulit kering kamu sudah sangat menganggu, sebaiknya segera datangi beauty clinic yang terpercaya. Melalui konsultasi dokter dahulu, akan dapat diberikan solusi perawatan yang tepat untuk permasalahan kulit kering kamu.

ZAP Beauty Clinic yang berada di jalan Gajahmada no 148, juga ada di Paragon Mall lantai 3 dan juga Ruko DP mall Semarang siap memberikan solusi yang tepat untuk permasalahan kamu. Kalau kamu berada diluar Semarang, bisa juga mengunjungi ZAP Beauty Clinic di Solo Paragon Mall lantai 3, juga di Pakuwon Mall Yogyakarta lantai. Atau mau di luar Jawa Tengah juga ada. ZAP Beauty Clinic tersebar di seluruh Indonesia, dengan Dokter, Apoteker dan juga Nurse yang sudah ahli dan terpercaya dibidangnya.

Tentang ZAP Clinic

Sejak berdiri pada 2009, ZAP telah berkembang menjadi ZAP Group dengan 5 brand utama yaitu ZAP Clinic, ZAP Premiere, MEN/O/LOGY by ZAP (klinik ketampanan khusus pria), ZAP Health dan skincare Juva yang tersebar di 17 kota. Brand ZAP sendiri telah menjadi satu-satunya klinik kecantikan khusus wanita terbesar Indonesia yang mengutamakan perawatan kulit berbasis teknologi laser. ZAP telah berhasil memenangkan berbagai macam penghargaan, baik skala nasional seperti Top Brand Awards 2016-2022, Superbrands 2019, Marketing Award 2018, Marketeers Omni Brands 2019, TOP Digital Company Award 2021 hingga penghargaan internasional seperti Business Excellence Forums & Awards kategori “Fastest Growing Company”.
END

Untuk keperluan wawancara dan peliputan ZAP Clinic, silakan menghubungi:

Head Office Regional: Safira Adlina di nomor 0896 1699 9670 atau korespondensi email lewat [email protected]

Area Jateng (Solo & Semarang) – DIY: Ratih Sotya di nomor 0822 1082 0077 atau korespondensi email lewat [email protected]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan