Medan Berat, sasaran Fisik Pembuatan Talud Jalan di Dukuh Ngesong dan Kerjo sudah pada tahap pemlesteran

Sukoharjo –  Pembuatan Talud Jalan Panjang 70 meter disepanjang bahu jalan baru yang menghubungkan dukuh kerjo dan Ngesong desa Kedungsono, Kecamatan Weru ini terus dilaksanakan pengerjaannya hingga hari ini telah mencapai progress 50 %. Target Finish panjang sasaran fisik TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0726/Sukoharjo di desa Kedungsono tersebut masih terus dikebut oleh anggota Satgas TMMD Bersama Linmas, Ormas, warga masyarakat secara berogotong-royong dan instansi terkait yang turut terlibat.

Beberapa pekerjaan finishing mulai dilaksanakan untuk bagian konstruksi talud yang sudah mulai mengering, diantaranya melaksanakan pemlesteran dan pengacian konstruksi talud.

“Selama pengerjaan talud ini, cuaca sangat terik menyengat, sehingga mempercepat proses pengeringan sehingga pemlesteran lepan dan pengacian bisa langsung kita segerakan, agar pekerjaan ini sesuai target waktu,” tukas Pasiterdim 0726/Sukoharjo Kapten Czi Hartono.

“Medan sasaran cukup berat, jalan yang semula hanya jalan setapak ini kita buat bahu jalan yang lebih lebar, banyak pekerjaan cut and fill , sebelum diurug kita laksanakan pekerjaan pengeprasan tebing, pemotongan pohon dan rumpun bambu, namun demikian alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar,” imbuh Kapten Czi Hartono.

Pemlesteran dan pengacian sendiri secara teknik adalah untuk memperkuat struktur talud itu sendiri dan memperkuat struktur badan jalan agar tidak longsor, Pengacian juga mengawetkan konstrusi talud itu sendiri dari cuaca dan air hujan, talud yang sudah di aci juga bernilai estetika, konstruksi bangunan menjadi rapi dan enak dilihat.

“Medan yang menanjak tidak menghalangi progress pekerjaan, pengedropan material meski medan sulit tetap bisa diatasi sehingga tidak ada masalah dalam pengerjaan sasaran6 fisik di lokasi pembuatan bahu jalan dan pekerjaan talud ini, dari pihak Koramil selalu aktif memberikan semangat dan guyub rukun bersama seluruh elemen masyarakat yang terlibat, saya selalu berpesan kepada anggota agar memanfaatkan waktu TMMD ini sebagai sarana semakin mempererat hubungan yang kompak dan harmonis dengan warga binaan,” terang Kapten Inf Suharno Danramil 03 Bulu.

Sasaran talud ini terus dikerjakan oleh warga masyarakat dan anggota Satgas TMMD Sengkuyung tampak semakin bersemangat menyelesaikan sasaran fisik tersebut. Tampak Bapak-bapak TNI terlihat bersama Linmas dan warga tampak sedang melaksanakan proses pengacian dimulai dengan perataan lepan dan sebagian melaksanakan pengacian dan sebagian melanjutkan pemasangan batu kali.

(Agus Kemplu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan