TIM PKM PRODI KESMAS FKMIK UNIVET BANTARA GELAR PROMOSI KESEHATAN DI SDIT MUTIARA INSAN SUKOHARJO.

Sukoharjo, Kabarjoglo.com – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Proei Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kesehatan Univet Bantara selenggarakan promosi Kesehatan di SDIT Mutiara Insan Sukoharjo pada Jum’at, 28 Juli 2023. PkM kali ini bekerjasama dengan SDIT Mutiara Insan Sukoharjo yang beralamat di Gabahan Jombor Bendosari Sukoharjo. PkM ini mengambil tema: Optimalisasi Unit Kesehatan Sekolah dalam Penerapan Promosi Kesehatan di Sekolah Pasc Pandemi Covid-19. Tujuan kegiatan Pk Madalah untuk memberikan pengetahuan terkait promosi Kesehatan melalui program UKS kepada perwakilan komite sekolah, jajaran pimpinan, pengurus UKS, guru dan karyawan di SDIT Mutiara Insan.

Kegiatan PkM ini dihadiri oleh 15 orang yang terdiri dari 5 orang jajaran pimpinan, 3 oramg pengurus UKS, 6 orang perwakilan guru dan 1 orang perwakilan dari Tata Usaha. Komite sekolah belum dapat hadir pada kegiatan PkM ini dan belum dapat menghadirkan perwakilannya karena bersamaan dengan agenda lain.

Bacaan Lainnya

Kegiatan PkM diawali dengan sambutan dari Muslihatun, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDIT Mutiara Insan yang menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan Pk Mini dan memberikan kesempatan sepenuhnya kepada tim untuk melaksanakan kegiatannya.

Materi diberikan dalam dua sesi terkait dengan UKS dan Promosi Kesehatan. Syefira Ayudia Johar, S.St., M.K.M dalam penyampaian materinya terkait UKS menfokuskan materi tentang apa dan bagaimana UKS di Sekolah Dasar. Sementara materi kedua yang disampaikan oleh Titik Haryanti, SKM., M.P.H menfokuskan pada apa dan bagaimana promosi Kesehatan dapat dilaksanakan dengan mengoptimalkan program kerja UKS yang ada.

Penyampaian Materi PkM (foto/ist)

Sebagai indikator dari keberhasilan program PkM adalah adanya peningkatan pengetahua peserta dengan dilihat dari adanya peningkatan pengetahuan terkait UKS dan promosi Kesehatan sebelum dan setelah dilaksanakan kegiatan pengabdian. Indikator lain dari keberhasilan dari kegiatan ini adalah kehadiran peserta lebih dzri 80% dari perencanaan. Keberlanjutan kegiatan PkM dalam bentuk penandatanganan MoU antara FKMIK Univet Bantara dengan SDIT Mutiara Insan Sukoharjo terkait kegiatan Pendidikan, penelitian dan pengabdian. PkM ini dibantu oleh 2 mahasiswa prodi Kesmas FKMIK Univet Bantara Sukoharjo sebagai pembawa acara dan dokumentasi. Kegiatan PkM diakhiri dengan sesi foto bersama antara Tim PkM Prodi Kesmas FKMIK Univet Bantara Sukoharjo dengan peserta PkM.

Rilis : Ketua Tim PkM Prodi Kesmas FKMIK Univet Bantara Sukoharjo Titik Haryanti, S.K.M., M.P.H

Pos terkait

Tinggalkan Balasan