MAHASISWA STIE PARIWISATA API MENGGELAR PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI DESA EKOWISATA PANCOH.

Yogyakarta – Mahasiswa yang tergabung dalam Mata kuliah Pariwisata Berbasis Masyarakat melakukan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Ekowisata Pancoh Turi Sleman Yogyakarta. Kegiatan Pengabdian ini bertemakan Pengolahan Kotoran Hewan Ternak untuk dijadikan salah satu potensi Pariwisata di Desa Ekowista Pancoh. Kegiatan yang di hadiri oleh Ketua Pokdarwis Ngatijan dan beberapa perwakilan warga desa yang memiliki ternak sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut.

Dosen Pengampu mata kuliah pariwisata berbasis Masyarakat, Erna Wigati, S.Pd.,M.Pd sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa STIE Pariwisata API Yogyakarta dan ikut serta mendampingi dalam pelatihan tersebut. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut adalah inisiasi dari mahasiswa setelah melakukan observasi di desa ekowisata Pancoh yang merupakan salah satu desa Dampingan STIE pariwisata API Yogyakarta. Mahasiswa melihat adanya ternak yang tidak dirawat dengan baik dan hanya dijadikan hiburan bagi para pemilik karena pencaharian utama mereka adalah Bertani. Dengan melihat hal tersebut, membuat hati para mahasiswa terketuk untuk memberikan pelatihan dengan sharing ilmu kepada warga desa di desa ekowisata pancoh. Tawaran yang diberikan oleh mahasiswa disambut dengan sangat gembira oleh ketua pokdarwis dan para warga pemilik ternak. Hingga akhirnya pelatihan tersebut terlaksana dan dikemas dalam pengabdian mahasiswa kepada masyarakat di Desa Ekowisata Pancoh.

Bacaan Lainnya

Kegiatan Pelatihan dibuka oleh moderator yang Bernama Nicho Layuda Pratama dan sambutan pertama diberikan oleh dosen yang hadir yang di damping oleh Maulana Yogma Wijaya yang hadir dari perwakilan Kampus STIE Pariwisata API Yogyakarta. Sambutan kedua dipaparkan oleh Ranilia Ovi Santi salah satu panitia dari mahasiswa STIEPAR API.  Pelatihan pengolahan kotoran ternak menjadi salah satu potensi pariwisata diberikan oleh mahasiswa yang Bernama Sylvia Balfas dan Muhammad Agung Gumelar, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Desember 2023 pukul 18.00 di Rumah ketua Pokdarwis bapak ngatijan dan berakhir pukul 23.00 WIB.

Mahasiswa sangat berkesan dengan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan di desa wisata ekowisata pancoh karena apa yang mereka berikan kepada warga sangat di respon dengan baik dan terjadi timbal balik yang membawa dampak yang sangat baik dalam pribadi mahasiswa dan Masyarakat setempat dengan pengetahuan baru untuk peternakan yang akan dijadikan paket wisata untuk menambah perekonomian Masyarakat Desa tersebut.

Manfaat dari kegiatan ini menjadikan mahasiswa saling berkolaborasi dan bekerjasama dalam menyiapkan segala hal yang dilakukan dalam persiapan dan pada saat pelatihan seperti pembuatan materi disiapkan oleh Diah Ari Ramadhani dan persiapan kedatangan tamu disiapkan oleh Tasya dewi Chandra dan Igbal Miftakhul Latif. Bimo Apriando mempersiapkan Dokumentasi dan membuat video dalam kegiatan pelatihan ini. RN

Pos terkait

Tinggalkan Balasan