Merawat Warisan Budaya Bersama: Adeging Mangkunegaran ke-267.

SOLO – Pura Mangkunegaran bekerja sama dengan Katadata Indonesia dan Yayasan DNC untuk menyelenggarakan Adeging Mangkunegaran ke-267 yang diselenggarakan bersama PermataBank, mulai 17 Maret hingga 28 April 2024. Acara ini bertujuan untuk merayakan HUT ke-267 Pura Mangkunegaran.

Pemimpin Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkoenagoro X, menjelaskan bahwa rangkaian acara Adeging Mangkunegaran tahun ini meliputi kegiatan budaya, musik, dan olahraga.

“Adeging Mangkunegaran merupakan upaya bersama untuk merawat kebudayaan. Adeging ini juga merupakan momen untuk merayakan ulang tahun Mangkunegaran ke-267. Fokus kami adalah bagaimana masyarakat dapat terlibat dalam Adeging Mangkunegaran karena kebudayaan merupakan aset bersama yang harus dijaga,” kata KGPAA Mangkoenagoro X dalam konferensi pers di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, pada Kamis (18/4/2024).

Rangkaian acara Adeging Mangkunegaran ke-267 meliputi Sumunar Mangkunegaran (17 Maret – 28 April 2024), Mangkunegaran MakaN-MakaN (27-28 April), Royal Dinner Mangkunegaran (27 April), Mangkunegaran Run in Solo (28 April), dan Mangkunegaran Laras Hati (28 April).

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengapresiasi event Adeging Mangkunegaran yang memberikan dampak luar biasa bagi masyarakat Solo dan sekitarnya.

“Dalam beberapa tahun terakhir, Pemkot Solo dan Mangkunegaran sangat intens dalam meningkatkan potensi pariwisata di Solo. Kami sangat senang dengan adanya event Adeging Mangkunegaran ini karena sudah terlihat dampaknya yaitu jumlah wisatawan ke Solo meningkat dan multiplier effectnya juga sudah dirasakan oleh UMKM,” jelas Gibran.

Direktur Hukum dan Kepatuhan PermataBank, Dhien Tjahajani, mengungkapkan dukungan PermataBank dalam acara Adeging Mangkunegaran ke-267 merupakan suatu kehormatan karena untuk pertama kalinya bekerja sama dengan Keraton Mangkunegaran mendukung salah satu agenda budaya terkemuka di Indonesia.

“Sebagai komitmen PermataBank dalam memberikan nilai yang bermakna melalui pelayanan kami, kerja sama ini dilakukan untuk mendorong dampak sosial yang positif sekaligus melestarikan kebudayaan dan merangkul beragam komunitas serta masyarakat melalui berbagai kegiatan, termasuk seni, olahraga, dan pengembangan UMKM yang terintegrasi dalam perayaan potensi pariwisata yang unggul,” kata Dhien.

Selama penyelenggaraan Adeging Mangkunegaran ke-267, masyarakat juga dapat menikmati layanan perbankan yang dihadirkan melalui produk-produk berinovasi dari PermataBank seperti PermataME, PermataQR, dan kemudahan mobile banking PermataMobile X yang menjadi pendukung transaksi keuangan selama acara berlangsung.

Antusiasme masyarakat dalam mengikuti lomba lari Mangkunegaran Run in Solo yang didukung oleh PermataBank juga mendapat respon positif dengan ditambahnya kuota lari sehingga dapat menjangkau masyarakat peminat olahraga yang lebih luas lagi.

Ketua Pembina Yayasan DNC, Soenardi Pardi, berharap, Adeging Mangkunegaran ke-267 bisa membuat masyarakat terlibat dalam acara ini.

“Dengan adanya acara ini tentu akan ada gangguan yang dialami masyarakat seperti penutupan jalan dan lain-lain. Tapi kami akan berupaya meminimalisir gangguan ini dan berharap masyarakat mau terlibat di acara yang menggembirakan ini,” kata Soenardi.

COO & Co-founder Katadata Indonesia, Ade Wahjudi, mengungkapkan bahwa Pura Mangkunegaran memiliki peran penting dalam melestarikan nilai-nilai dan tradisi kebudayaan Jawa. Meskipun terbuka terhadap modernisasi, Pura ini telah menjaga identitasnya dengan memadukan unsur-unsur budaya Barat dan Jawa.

“Sebagai sebuah perusahaan media yang berbasiskan data, Katadata ingin berkontribusi terhadap upaya bersama dalam melestarikan budaya lokal. Karena itu, kami sangat senang ketika tahun lalu diajak oleh Kanjeng Gusti untuk berkolaborasi dalam Adeging Mangkunegaran. Kami berharap, langkah kecil ini bisa menjadi sebuah lompatan besar untuk merawat, menjaga, dan tentunya melestarikan budaya, tidak hanya di Solo tapi juga di daerah lainnya,” ungkap Ade.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, sebagai BUMN Pertamina punya tugas untuk berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Salah satunya adalah dengan berpartisipasi di konser Laras Hati Mangkunegaran yang menjadi bagian dari Adeging Mangkunegaran ke-267.

“Musisi Yura Yunita, Kahitna, Tipe X, FSTVLST, dan Sisitipsi ikut meramaikan Adeging Pura Mangkunegaran ke-267. Para musisi akan hadir pada ‘Mangkunegaran Laras Hati Musik Festival 2024’ pada Minggu, 28 April 2024, yang merupakan bagian dari Adeging Pura Mangkunegaran ke-267. Nanti tiketnya juga bisa dibeli melalui MyPertamina,” ungkap Fadjar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan