Linmas dibekali PBB dan Bela Negara oleh Babinsa Koramil 10/Gantiwarno


Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /home/kabarjog/domains/kabarjoglo.com/public_html/wp-content/themes/bloggingpro/template-parts/content-single.php on line 81

Klaten,Kabarjoglo.com – Bertempat di balai Desa Gandong, Babinsa Koramil 10/Gantiwarno Sertu Suwandi dibantu Batuud Serma Susanto melaksanakan Pembinaan dan Pelatihan kepada anggota Linmas Desa Ngandong, Selasa (05/03/19). Sedang Linmas yang mengikuti pelatihan sebanyak 20 orang.

Pembinaan dan pelatihan Anggota Linmas Desa Ngandong ini yang dilaksanakan dengan Materi latihan Baris Berbaris dan Bela Negara. Babinsa dari Koramil Ngandong Sertu Suwandi menyampaikan latihan bertujuan agar para anggota Linmas ini memiliki sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa persatuan, rasa disiplin, dan rasa tanggung jawab serta dapat dipercaya. Serta bermanfaat bagi anggota linmas yang bisa didapat dari baris berbaris antara lain, melatih daya konsentrasi, belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh dan belajar untuk diam dan mengatur emosi.

Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan. Istilah Linmas yang merupakan singkatan dari Perlindungan Masyarakat telah mengalami distorsi pengertian sehingga terjebak dalam anggapan umum yang hanya mengaitkan dengan sebuah fungsi dalam masyarakat yaitu fungsi linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip.

Di era reformasi sekarang ini, kemampuan Babinsa sangat menentukan keberhasilan Binter, sehingga di dalam melaksanakan tugasnya Babinsa selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di Desa/ Kelurahan seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda agar tidak terjadi kegagalan-kegagalan dalam melaksanakan tugasnya. Babinsa adalah unsur pelaksanaan Koramil yang bertugas melaksanakan pembinaan teritorial (binter) di wilayah pedesaan/kelurahan. Pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan