Kapten Heru Nugroho Wakili Dandim Menghadiri Observasi Rukyatul Hilal Penentuan Awal 1 Muharrom 1440 H / 2019 H

Category : Kabar Solo Raya

Karanganyar,Kabarjoglo.com  – Rukyatul Hilal awal bulan 1441 H / 2019 M oleh Badan Syariah Rukyatul Hilal se Solo Raya, bekerjasama dengan Kemenag kabupaten Karanganyar dalam penentuan Tahun Baru Hijriyah 1441 H / 2019 M yang bertempat di pendopo Candi Sukuh desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso Kab. Karanganyar. Minggu (05/5)

Kegiatan observasi Rukyatul Hilal penentuan awal 1 Muharrom / Tahun Baru Hihriyah 1440 H oleh badan syariah Rukyatul Hilal se-Soloraya bekerjasama dengan Kemenag Kab . Karanganyar sebagai Ketua panitia penyelenggara Bp. Ahmad Nasirin M.Ag (Ka Kemenag Karanganyar) yang diikuti sekitar 90 orang.

Hadir dalam acara tersebut Drs. Titis Sri Jawoto MM (Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda & Olahraga), Ahmad Nasirin M.Ag (Ka Kemenag Karanganyar), Kapten Arh Heru Nugroho (Danramil 09/Ngargoyoso mewakili Dandim 0727/Karanganyar), IPTU Sri Pujiyanto SH (Wakapolsek Ngargoyoso), H. Zaenuddin (MUI Karanganyar), Forkopimcam Kec. Ngargoyoso, Kepala KUA se-Kab. Karanganyar.

Ketua panitia penyelenggara Ahmad Nasirin M.Ag menyampaikan,”Kegiatan rukyatul hilal ini merupakan yang ke 6 kalinya kita lakukan di sini, dan sudah sebanyak 5 kali yang pernah dilakukan itu belum sekalipun hilal dapat terlihat. Semoga kali ini hilal yang ke 6 kali ini berdasarkan ilmu astronomi akan terlihat pada ketinggian 4 derajat dan dapat terlihat.

Semoga di tempat ini dapat hilal 1 muharram dan nantinya kita dapat mengirim laporan kepada Kemenag RI dengan tujuan, agar nantinya tempat ini dapat dijadikan menjadi Destinasi wisata religi terutama tempat Rukyatul Hilal.

Catatan : Posisi hilal saat matahari terbenam di Bukit Sukuh, Berjo, Ngargoyoso lokasi (-7°37’40” LS, 101°, 07’46” BT dan 1.190 mDPL) ijtima Ahad Kliwon 5 Mei 2019.

(Pendim 0727/Kra)

Related Posts