Partisipasi Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Suhbrastha Dalam Acara Adat Di Wilayah Perbatasan


Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /home/kabarjog/domains/kabarjoglo.com/public_html/wp-content/themes/bloggingpro/template-parts/content-single.php on line 81

Kabarjoglo.com – Danpos Asulait Serka Ferry Eko Ariyanto bersama dua orang anggota ikut ambil bagian dalan acara tradisi dan budaya pembuatan rumah adat di desa Sarabau, Kecamatan Tasifeto Timur, kabupaten Belu, NTT.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danpos Asulait Serka Ferry Eko Ariyanto bersama dua orang anggota yaitu Praka Nur Azis dan Praka Wahyu Eko, Kepala Desa Sarabau Bpk Belmindo Roberto R beserta perangkat Desa, tokoh adat serta tokoh masyarakat lainnya.

Acara adat ini tidak hanya digelar di desa Sarabau saja tapi di desa-desa lain disepanjang tapal batas yang menyelengarakan kegiatan yang sama.

Kegiatan melestarikan tradisi dan budaya tersebut secara simbolis merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah hasil panen yang melimpah dan juga kegiatan ini bertujuan untuk memohon perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memohon berkat agar hasil panen berikutnya dapat melimpah.

Tutur Kades Sarabau, Belmindo Roberto R  bahwa, acara adat seperti ini adalah untuk melestarikan nilai-nilai luhur budaya dari nenek moyang masih terjaga sampai detik ini. Salah satu acara budaya yang masih dilestarikan adalah bergotong royong serta pembuatan rumah adat kemudian dilanjutkan dengan pemotongan babi. Tradisi ini digelar setiap tahun.

Ditempat terpisah Dankipur 1 Lettu Inf Ari Cahyo Wibowo juga mengatakan hal demikian. “Tradi seperti goyong royong pembuatan rumah adat disertai penyembelihan hewan ternak sangat lumrah dijumpai dikehidupan masyarakat. Tradisi tersebut merupakan wujud rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkah yang telah diberikan Tuhan selepas masa panen”. Ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan