ACT Bangun Sumur Wakaf di Klaten, Upaya Penangulangan Bencana Kekeringan di Musim Kemarau

ACT Bangun Sumur Wakaf di Klaten, Upaya Penangulangan Bencana Kekeringan di Musim Kemarau

  1. Klaten,Kabarjoglo.com – Setelah melakukan peresmian Sumur Wakaf di Wonosegoro, Boyolali, Desember 2019 yang lalu, kali ini pada Jum’at (10/1) Global Wakaf – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo kembali meresmikan satu unit Sumur Wakaf di Dusun Manisrejo RT/RW 009/004, Desa Temuireng, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten tepatnya di halaman masjid Jami’ Abdul Lathif. Hal tersebut merupakan salah satu upaya dalam menanggulangi krisis air bersih di musim kemarau.
    Ardian Sapto selaku tim penanggung jawab program ACT Solo menjelaskan bahwa pembangunan sumur wakaf tersebut merupakan kolaborasi kemanusiaan bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Klaten.
    Ia menceritakan, sebelum adanya pelaksanaan program pembangunan sumur wakaf tersebut program yang intensif dilakukan di musim kemarau ialah distribusi bantuan air bersih dengan menggunakan Humanity Watertank. Mobil tanki yang dimiliki ACT Solo untuk memberikan pelayanan bantuan air bersih di pelosok Solo Raya yang mengalami bencana kekeringan di musim kemarau.
    “Sumur wakaf ini merupakan titik ke dua yang ACT Solo resmikan setelah sumur wakaf yang ada di Wonosegoro, harapan kami di kemudian hari ialah sumur ini bisa berfungsi secara optimal dan terus mengalirkan air kebahagiaan serta masyarakat sudah tidak perlu cemas dan khawatir ketika musim kemarau” Ujar Ardian
    Sedangkan Septi Endrasmoro kepala cabang ACT Solo menerangkan bahwa Dusun Manisrejo, Desa Temuireng tersebut merupakan daerah yang mengalami kekeringan yang cukup parah di Kabupaten Klaten.
    “Kondisi karakteristik tanah yang banyak batuannya menjadi kendala pengeboran, dan membuat mata bor saat itu sampai patah sehingga harus dilakukan modifikasi, Allhamdullillah setelah melakukan modifikasi, pengeboran berhasil dilakukan sampai kedalaman 130 meter dan sudah bisa mengeluarkan air bersih ” Ujarnya
    Sementara itu Luky Priyanto, Kepala KPP Pratama Klaten menuturkan bahwa atas nama instansi mempunyai harapan besar, agar bisa bermanfaat secara sosial untuk masyarakat Klaten. “Kami menggandeng pihak act karena memiliki pengalaman dan terpercaya sebagai lembaga sosial. Alhamdulillah berjalan dengan Lancar. Semoga dapat berlanjut terus dan memberi manfaat banyak pihak”. Tuturnya
    Kini Sumur Wakaf di Dusun Manisrejo bermanfaat dalam mengalirkan air kepada 420 jiwa. Tak hanya pengeboran sumur wakaf akan tetapi ACT Solo bersama KPP Pratama Klaten juga memberikan bantuan pembangunan MCK untuk dimanfaatkan untuk kebutuhan sanitasi warga sekitar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan