Pasar Unik dan Kreatif dalam Launching SAM (Solo Art Market) di Pedestarian Omah Sinten Solo

Pasar Unik dan Kreatif dalam Launching SAM (Solo Art Market) di Pedestarian Omah Sinten Solo

Solo, Kabarjoglo.com – Pembukaan dan launching pasar kreatif untuk seniman lukis, crafter, dan kreator ini diselenggarakan di Omah Sinten, Ngarsopuro pada Sabtu, 9 Maret 2020, ini dihadiri pejabat pemerintahan tingkat kecamatan dan kelurahan, seniman, pemerhati seni, pelaku kreatif, dan warga masyarakat dari Solo Raya resmi dibuka.

Selain itu keberadaan SAM berawal dari kecintaan dan kepedulian terhadap budaya dan seni, serta untuk menghidupi para kreator yang bekerja di bidang seni, mengangkat eksistensi dan kontribusi seniman dan pelaku industri kreatif se-Solo Raya, selain itu konsep SAM sebagai ruang kreatif berupa pasar seni yang unik dan apik dibuat untuk menunjukkan eksistensi industri kreatif sehingga dapat menarik wisatawan dan menjadi destinasi wisata di Solo, melalui produk yang dijual bersifat mass product berupa karya buatan tangan dengan jumlah produk terbatas dan memorabilia seperti souvenir yang mudah dibawa. Karya yang dijual digarap dengan kemasan yang serius, unik, sebagai produk kenangan.

SAM (Solo Art Market) ini dibuka dengan aksi unik berupa melukis bersama di media kain putih berukuran sekitar 1 x 3 meteran yang dilakukan oleh seniman, wakil dari kecamatan, kelurahan, dan pelaku kreatif serta masyarakat pengunjung.

Launching juga diramaikan oleh seni pertunjukan, sesi fotografi model, happening art, karikatur on the spot, tatah sungging wayang kertas, aksi merajut, dan demo kreatif dari peserta lainnya.

Pembiayaan pasar seni ini merupakan hasil dari gotong royong para seniman dan pelaku kreatif lainnya, dimana para pegiat, para pendiri patungan untuk bisa menyelenggarakan acara ini, tapi yang paling penting sebenarnya adalah kehadiran para seniman , crafter, dan pelaku kreatif ini,

SAM yang terdiri dari 35 peserta ini bagian penting dari event ini, sebuah kegotong-royongan kita bersama untuk membangun sebuah pasar seni yang diharapkan ini akan menjadi sebuah ruang publik budaya yang bisa menjadi daya tarik wisata Kota Solo ke depannya.

SAM ini berawal dari ide gagasan dengan belum adanya wahana atau media yang representatif bagi seniman lukis, crafter, kreator, dan pelaku kreatif lainnya untuk memajang dan memasarkan produk karya seni dan fungsional, khususnya di kota Solo.

SAM nantinya akan jadi pusat pasar seni di Solo Raya yang akan digelar rutin setiap hari Sabtu mulai jam 09.00 – 17.00 wib di lokasi sekitar pedesterian Omah Sinten, Ngarsopuro ini diharapkan nanti dapat menjadi rujukan pasar seni dan destinasi wisata baru di Solo.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan