Hari ini : Jumat, 23 Oktober 2020 14:48

Danramil 03/Serengan Ikuti Rakor Lintas Sektoral Di Wilayahnya, Ini Hasilnya

Solo, Kabarjoglo.com – Danramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta Kapten Inf Trisakti dan Sertu E Lau We mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral di Pendopo Kec.Serengan jln. Veteran no 271 yang membahas antisipasi ancaman Covid-19, Selasa (17/3).

Hadir dalam kegiatan tersebut Muspika kec.Serengan, dr Anjang (Kepala Pukesmas Jayengan) dr.Suyana (Din kes Ska),Lurah Se.Kec.Serengan,Stap Kec.Serengan

dr Anjang selaku Kepala Puskesmas Jayengan meminta masyarakat tetap waspada namun tidak panik terkait kasus Virus Corona atau Covid-19. Kita sudah melakukan Rakor Covid- 19 Kita minta masyarakat diharapkan tidak panik dalam menghadapi wabah virus Corona Namun kewaspadaan tetap harus ditingkatkan,” Tuturnya.

Ia meminta masyarakat untuk  selalu menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup sehat dan menghindari potensi yang bisa terjangkit Covid-19.

“Kemudian masyarakat juga untuk menghindari bepergian ke daerah terjangkit, dan hindari kontak dengan pasien yang diduga terinfeksi,” Imbuhnya.

“Rakor yang diselenggarakan tersebut salah satu upaya pemerintah daerah dalam mengantisipasi terkai menyebar virus corona di Kota Surakarta dan pada  khususnya di wil Kec. Serengan Pada  prinsipnya adalah mencegah lebih baik dari pada mengobati dengan demikian saya yakin wabah virus corona ini tidak akan mudah menyebar di daerah kita ini,”

Selain itu, dr Anjang  juga berharap melalui rakor ini agar dapat rumusan mengenai langkah-langkah pencegahan penyebaran virus corona tersebut.

“Memang saat ini Pemkot Surakarta melalui dinas kesehatan telah melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanganan,  rumusan-rumusan mengenai langkah untuk pencegahan penyebaran virus corona lingkungan harus selalu bersih, rajin mencuci tangan dengan sabun dan Desinfektan, sehingga kita dapat mengcega virus Corona tersebut.

Ia menyebutkan langkah-langkah yang telah diambil oleh pemerintah daerah antara lain melakukan penyebarluasan komunikasi, informasi dan edukasi kepada petugas puskesmas dan masyarakat tentang Virus Corona. Kemudian penyediaan dan penyebarluasan logistik ke puskesmas harus tersedia.

“Juga terus dilakukan koordinasi dengan beberapa Muspika seperti Kecamatan Koramil dan Polsek menyiapkan puskesmas untuk penanganan kasus dugaan Virus Corona, penyiapan Tim Gerak Cepat, koordinasi dengan rumah sakit rujukan, koordinasi dengan seluruh rumah sakit se-Kota Surakarta.”Pungkas Suyana.

 

(Arda 72, Pendim Surakarta)

Close
Close