Karya Mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta Meraih Juara III dan The Best Teamwork Lomba Visual Storrytelling di Kompetisi Student at Home Challenge (SHC) IPB Tingkat Nasional Tahun 2020

Solo, Kabarjoglo.com – Lomba yang diselenggarakan oleh Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Center IPB University, yang berada di bawah Sub Direktorat Pengembagan Reputasi dan Prestasi Mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir (DitmawaPK) melakukan ide menarik dengan menyelenggarakan kegiatan Student at Home Challenge (SHC), bertema “Living Inside, Thinking Outside”.
Setelah melalui seleksi bertahap baik secra manual dan online, dari delapan karya mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta yang masuk seleksi 20 finalis, akhir setelah menyisihkan dari sekitar 281 peserta akhirnya mendapat meraih juara III dan juara The Best Teamwork.

Prestasi yang dicapai lomba Visual Storytelling ini sebagai Juara III atas nama Muhammad Shafrizal F. M dari Prodi DKV FSRD ISI Surakarta dan The Best Teamwork antara desainer dengan penulis atas nama Fahmi Prastio Ginanjar (Prodi DKV FSRD ISI Surakarta) dengan Welas Sri Mulyati (IPB University).

Karya komik dari Muhammad Shafrizal F. M bercerita dengan judul “(Jangan) Terpendam Dalam Pandemi” ini menceritakan kehidupan keluarga yang berpenghasilan dari berjualan sayur yang terkendala oleh wabah virus Corona ini, sebagai hasil karya kisah inspiratif yang ditulis oleh Siti Hajar dari IPB University.

Sedangkan karya komik dari Fahmi Prastio Ginanjar yang terdiri dari lima halaman komik dan beberapa panel di dalamnya berisi seputar keinginan seorang anak yang terlahir dengan kondisi tidak bisa mendengar dan berbicara, namun mempunyai keinginan untuk meraih cita-cita sebagai pelukis hebat. Cerita ini hasil tulisan dari mahasiswa peserta lomba Kisah Inspiratif yaitu Welas Sri Mulyati dari IPB University.
Sedangkan untuk Juara I atas nama Nabila Disafiranti dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya dan Juara II atas nama M. Khalid Abdullah dari Universitas Jember.

Prestasi yang membanggakan ini didapat mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta atas nama Fahmi Prastio Ginanjar dari angkatan 2019, dan Muhammad Shafrizal F. M dari angkatan 2017 ini sangat membanggakan baik tingkat program studi, fakultas maupun institut, walau ditengah kondisi wabah pandemi merebak.

Karya dari mahasiswa Prodi DKV FSRD yang dalam proses pengerjaannya dibimbing oleh dua dosen, yaitu Rendya Adi Kurniawan, S,Sn., M.Sn dan Basnendar Herryprilosadoso, S,Sn., M.Ds tersebut menggunakan teknik yang beragam baik manual, maupun teknik digital ini diangkat berdasarkan cerita dari karya mahasiswa peserta dari skim lomba Cerita Inspiratif.

Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri yang diharapkan dapat mengangkat nama prodi juga bisa memberi pertanggungjawaban kepada stakeholder bahwa kinerja akademik, khususnya prestasi mahasiswa dapat terlihat dan memuaskan. Selain itu juga diharapkan prestasi ini memacu kreativitas dan semangat berkompetisi secara positif antar mahasiswa baik di internal Program Studi Desain Komunikasi Visual, juga kepada mahasiswa di lain prodi dan fakultas di lingkungan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan