ASCEE Gelar “The New Normal Journal Workshop”

  • Oleh Rafael Axel
  • Pada 26 Juni 2020
  • Kategori Kabar DIY
  • Belum Ada Komentar

Jogjakarta, Kabarjoglo.com – Association for Scientific Computing Electronics and Engineering (ASCEE) Indonesia kembali melaksanakan kegiatan workshop tatakelola jurnal bertema “The New Normal ASCEE Journal Workshop”. Kegiatan ini dilaksanakan secara online selama dua hari 24-25 Juni 2020. “Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang akan terus dilakukan oleh ASCEE Indonesia sebagai upaya peningkatan kualitas jurnal”. Terang Sularso, Ketua panitia. Jumat (26/06/20)

Andri Pranolo, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan workshop sebelumnya. “kegiatan workshop ASCEE dilaksanakan dalam bentuk series, sehingga saling berhubungan antara satu workshop dengan workshop lainnya” tegasnya.

Ketua ASCEE Indonesia, Ahmad Azhari, M.Eng dalam sambutannya menegaskan jika kegiatan ini harus terus dilakukan, sebagai usaha memberikan dukungan bagi masyarakat ilmiah dalam meningkatkan kualitas publikasi ilmiah internasional. Diakhir sambutannya, ia menegaskan akan menindaklanjuti secara serius kerjasama antara ASCEE Indonesia dengan beberapa universitas di Indonesia dalam hal peningkatan kualitas jurnal dan publikasi ilmiah.

Kegiatan yang diikuti oleh 28 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia ini berlangsung selama dua hari berturut-turut,  dengan menghadirkan 6 narasumber, Tri Andi, Zalik Nuryana, Shoffan Saifullah, Aji Prasetya Wibawa, Andri Pranolo, dan R Ahmad Zaky El Islamy. Hari pertama, materi meliputi manajemen OJS 2 dan OJS 3, good diversity editor and Author, dan Journal paper layout editing. Hari kedua, persiapan akreditas jurnal, Scopus Suggestion preparation, dan Pers ESCI Web of Science suggestion preparation.

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut sangat antusias dalam mengikuti workshop. Pertanyaan yang diajukan dihari pertama seputar proses atau tahapan pengelolaan paper secara professional. Dalam meneyampaikan materi narasumbur juga melakukan simulasi mengelola jurnal secara baik, yang sesuai dengan standart kaidah publikasi ilmiah. Pada hari kedua, pertanyaan lebih kepada persiapan akreditasi jurnal dan pesiapan Scopus Suggestion preparation, dan Pers ESCI Web of Science suggestion preparation.

Peserta sangat termotivasi dengan kegiatan ini, dan berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan. Salah satu peserta mengungkap “saya merasa bosan jika tidak melakukan sesuatu, dan di masa new normal ini, ASCEE memberikan tawaran kegiatan yang menurut saya sangat bermanfaat”. Peserta yang hadir sangat antusias dan berharap dapat mengikuti program ASCEE berikutnya.

Berita Lainnya

ADVERTISEMENT

Berita Terbaru

Kabar Pilihan

ADVERTISEMENT

SPONSOR