Dankodiklatau Tutup Pendidikan Setukba TNI AU A-38

 

Surakarta– Komandan Kodiklatau Marsekal Madya TNI Tatang Harlyansyah,S.E., M.M. selaku inspektur upacara menutup Pendidikan Sekolah Pembentukan Bintara (Setukba) TNI AU Angkatan ke-38 bertempat di lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo. Upacara tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Senin (7/6).

Komandan Kodiklatau dalam sambutannya mengatakan bahwa pendidikan Setukba merupakan salah satu bagian dari pendidikan pengembangan bagi prajurit Tamtama TNI Angkatan Udara, sebagai implementasi dari pembinaan karier prajurit, yang bertujuan membentuk dan mengembangkan prajurit terpilih menjadi Bintara TNI AU yang memiliki sikap dan perilaku yang profesional, memiliki dasar keprajuritan, kesemaptaan jasmani serta memiliki pengetahuan dan ketrampilan secara teknis sehingga seorang prajurit lulusan Setukba dapat melaksanakan tugas di kesatuan masing-masing.

“Dengan telah berakhirnya pendidikan Setukba ini, maka saudara selayaknya telah memiliki kompetensi pengetahuan landasan nilai juang, pengetahuan kepemimpinan, kemiliteran, manajemen, keterampilan kepemimpinan, serta kemampuan melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan sebagaimana yang tercantum dalam kurikulum pendidikan Setukba. Bekal pengetahuan dan keterampilan yang telah saudara terima selama pendidikan harus senantiasa diasah dan ditingkatkan serta dikembangkan saat saudara kembali bertugas di kesatuan. Pupuklah karakter disiplin dan loyalitas saudara terhadap organisasi sebagai bentuk tanggung jawab profesi” lanjutnya.

Diakhir sambutannya Dankodiklatau mengatakan bahwa dalam menyikapi kondisi saat ini, dimana telah menjadi pandemi global diseluruh dunia yang dikarenakan penyebaran Covid-19, maka sesuai anjuran pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan. Terkait hal tersebut, maka pada upacara penutupan pendidikan Setukba TNI AU Angkatan ke-38 ini dilaksanakan secara terbatas, sehingga antisipasi terhadap penyebaran Covid-19 tetap terjaga.

Setelah pelaksanaan upacara Penutupan Pendidikan dilanjutkan dengan acara tambahan berupa demo pembebasan tawanan oleh mantan siswa Setukba TNI AU A-38.

Setukba TNI AU Angkatan ke-38 diikuti sebanyak 250 siswa dan dilaksanakan selama tiga bulan di Skadron Pendidikan 403 Lanud Adi Soemarmo. Terpilih sebagai lulusan terbaik adalah Serda Yanto asal kesatuan Satbravo 90. Hadir pada upacara Penutupan Pendidikan Setukba TNI AU Angkatan ke-38 Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsma TNI Agus Setiawan, S.T., dan para pejabat Lanud Adi Soemarmo.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan