Hari ini : Selasa, 21 September 2021 02:30

FKIP Univet Bantara Sukoharjo Adakan Webinar Implementasi MBKM

Sukoharjo, Kabarjoglo.com – Sebanyak 250 orang ikuti Webinar bertema Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melalui Zoom Meet. Kamis (09/09/2021)

Webinar ini dihadiri oleh Rektor Univet Bantara Dr. Farida Nugrahani, M.Hum, Dekan FKIP Univet Bantara Drs. Toni Harsan, MH, dan narasumber Staf Ahli Bidang MBKM UNNES Zaenal Abidin, S.Si, M.Cs, Ph.D dan Pranichayudha R, S.Pd, M.Pd sebagai moderator

Dalam sambutannya Rektor Univet Bantara Sukoharjo, mengatakan bahwa “Mulai hari dan kedepannya kita wajib mengimplementasikan kurikulum MBKM. Harus sering melakukan webinar atau diskusi tentang MBKM sehingga kita mampu melaksanakan MBKM dengan baik, mengingat bahwa Kinerja utama perguruan tinggi salah satunya diukur dari pelaksanaan MBKM” tuturnya.

Lebih lanjut Dr. Farida mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh FKIP Univet Bantara Sukoharjo “Apa yang dilakukan oleh FKIP patut kita apresiasi dan saya sendiri bangga karena FKIP melaksanakan Webinar bertema Implementasi MBKM, sebagai hal yang baru harus sering berdiskusi supaya bisa memahami secara komprehensif. Semoga hal ini dapat menjadi contoh bagi fakultas lainnya” tambahnya.

Hal ini diperjelas oleh Dekan FKIP Univet Bantara bahwa MBKM di FKIP sudah mulai digerakkan sejak Dr. Farida Nugrahani, M.Hum menjabat sebagi Pjs Rektor. Lebih lanjut Drs. Toni menjelaskan kebijakan MBKM berdasar Permendikbud No 3 Tahun 2020, dalam standarisasi nasional perguruan tinggi pasal 18 menjelaskan bahwa pemenuhan massa dan beban belajar bagi mahasiswa program sarjana terapan dapat dilakukan dengan mengikuti seluruh proses pembelajaran dalam prodi atau mengikuti sebagian proses pembelajaran dalam prodi dan sisanya di luar prodi.

“KBMB pembelajaran relevan dengan dunia industri atau usaha idealnya 3 semester di luar prodi, sementara itu Perguruan tinggi harus mengakomodir program MBKM ada di dalam kurikulum, program MBKM ada dalam panduan akademis serta Program MBKM disusun bersama mitra” jelasnya.

Sementara Staf Ahli Bidang MBKM UNNES Zaenal Abidin, S.Si, M.Cs, Ph.D menambahkan “setiap mahasiswa mempunyai potensi, cita-cita, aspirasi dan passion yang berbeda satu dengan yang lain, kemerdekaan untuk memilih jalan terbaik, mengembangkan potensi diri melalui pembelajaran yang flexible” tambahnya

Related Posts

Terkini

Sponsor