Hari ini : Minggu, 24 Oktober 2021 09:59

Riwayat Ringkas Shifu Odi Purwanto

Wonosobo – Riwayat Ringkas Shifu Odi Purwanto,  dilahirkan di Kejajar Lereng Dieng Wonosobo Jawa Tengah atau Negeri di Atas Awan  pada tahun 1979 saat ini Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan AKTI (Aliansi Kungfu Tradisional Indonesia), Shifu Odi mulai belajar beladiri sejak umur 6 tahun, dan mulai serius belajar sejak umur 8 tahun. Hingga sekarang sudah sekitar 34 tahun mencintai dan menekuni seni beladiri.

Pada awalnya beladiri yang dipelajarinya adalah pencak silat yang diajarkan oleh ayah dan pamannya. shifu Odi juga mempunyai Hobi membaca , menulis ,wayang , sastra puisi , filsafat ,seni rupa dan seni beladiri.

BELAJAR DARI BANYAK GURU
“Pertemuan murid dan guru adalah jodoh dan takdir langit.”

  1. Berikut adalah para guru dan riwayat pengembaraan beladiri Shifu Odi :
    Menjadi murid GM/Tae Suhu (almarhum) Sie Bing Hauw (Muhammad Yunus) Traditional Kungfu Wingchun aliran ular bangau.Beliau juga Guru Besar Jetkundo Shaolin Kungfu Indonesia.
  2. PERNAH diangkat sebagai murid oleh GM Samuel Kwok ( Traditional Ip Man Wingchun Kungfu Lineage ).Beliau adalah murid langsung dari GM Ip Ching dan GM Ip Chun yang merupakan putra dari The Great GM Ip Man yang merupakan guru aktor legendaris Bruce Lee.
  3. Menjadi murid Suhu Muhammad Ali & Suhu Nur Isngadul Huda Sasana Jet Kun Do Shaolin Kungfu Indonesia sejak th 1993 di Wonosobo Jawa Tengah.
  4. Berguru pada Kyai Nasir (alm) yang masih kakek buyut Shifu Odi di Setieng Lereng Dieng dan KH.Muhsinin (alm) Pledokan Magelang ,kedua orang tersebut adalah tokoh masyarakat dan tokoh ulama kharismatik yang sangat disegani di Jawa Tengah. Dari beliau berdua Shifu Odi belajar agama dan pencak silat.
  5. Menjadi murid Pak Guru Harto (Mas Harto) ,PS Betako/ Pencak Silat Beladiri tangan kosong Merpati Putih th 2003 sd 2005 kolat Wisma Millenia MT Haryono Jaksel.
  6. Kungfu Bangau Putih Purwokerto dibawah bimbingan Suhu Tan Tjing Tik (Tikgianto),Suhu Chen Siao Lung & Suhu Oey Kun Ho (sekitar tahun 2000)
  7. Pernah belajar pada Jiaolian Ahmad Rivai /Kak Ipay , yang merupakan Ketua SWIB Sasana Wushu Inti Bayangan GBK Senayan Jakarta .Odi bergabung sejak th 2002.
  8. Menjadi murid Sabeum Yudie F Tanod sebagai guru Tong IL Moo Do Pusat Jakarta (sebuah aliran beladiri baru dari Korea yang artinya Unity of Martial Arts)
  9. Serta pernah belajar secara tidak resmi dengan GM Johny Chan (Wingchun aliran Yuen Kay San Hongkong) di Taman Suropati Menteng Jakarta.
  10. Sensei Piere R Suraputra sasana Brazilian Jiu-jitsu BJJ (2016) di HLMC (Hang Lekir Martial Arts Club ) Jakarta.Yang kemudian berganti nama menjadi Dee Been 100% Jiujitsu Indonesia,BJJ Lineage Carlos Gracie.
  11. Berguru pada Sifu Petrus Alexander Widadja (Oey Hao Te) yang merupakan putra dan penerus dari Living Legend GM Sigung Josef Widadja (Oey Ek Tjoan) yang merupakan founder dan Guru Besar Sasana Leopard Wushu Indonesia – Nan Shaolin Wuzuquan (Tomang Jakarta).GM Josef merupakan murid langsung dari GM Lo Siauw Gok (Putra legendaris Great GM Lo Ban Teng – kungfu aliran Lobanteng/Wuzuquan/Ngochokun/kungfu lima arwah leluhur).Sifu Alexander juga murid kungfu aliran Shantung dari garis Master Tan Ciao Sun dan Master Ji Ciu Ming(murid dari Legendaris GM Djie Siauw Fu).
  12. Pernah belajar dengan Sifu Siauw Wie Sen yang merupakan Guru Besar dan founder WCMAC Jakarta (Wing Chun Martial Arts Center).
  13. GM Ki Kusumo yang merupakan founder KIMA (Ki Kusumo Martial Arts – Mixed Kungfu Combat).Ki Kusumo merupakan murid langsung dari GM Kang Sin Sin (Salah satu murid GGM Ipman & GM Kang merupakan orang pertama yang membawa wingchun aliran Ipman ke Indonesia).
  14. Keanggotaan PSHP (Persaudaraan Setia Hati Pilangbango) cabang Wonosobo.
  15. Belajar Pencak Silat Rajakawasa (Aliran Nampon) dari Master Ki Wiyoto Krido Sanyoto.
    Dimana sebelumnya th 1997 pernah mendalami PS Ragajati Banjarnegara yang juga aliran Nampon jurusnya hampir sama.
  16. Bergabung dengan Hapkido Indonesia (2020) beladiri Korea yang dibawa ke Indonesia oleh Master Vincentius Yoyok Suryadi.
  17. Belajar Kempo PORKEMI (Persatuan Olahraga Kempo Indonesia) dari Sensei Robert Hery Prayogo.
  18. Belajar Japanese Traditional Jiu Jitsu Eiryuken Indonesia (under GBI Goshin Budo Indonesia) dari Sensei Ben Haryo.

Dan masih banyak lagi guru-guru dari berbagai macam aliran maupun disiplin beladiri lain (Karate/INKAI Kodim Wonosobo ,Aikido/Indonesia Aikikai Jakarta , Pencak Silat Cimande Asmaul Husna ,Satria Nusantara,arnis, dll.
Hingga sekarang sudah sekitar 33-an macam aliran (style) & perguruan seni beladiri yang pernah diikuti & dipelajari .Disamping berguru, Shifu Odi juga meneliti & meriset beladiri-beladiri yang dipelajarinya (baik beladiri Cina,Korea,Jepang maupun Indonesia).

“Siapa saja yang mengajarimu meskipun hanya satu jurus atau bahkan hanya satu hari saja ,dia tetaplah gurumu selamanya.”

“Jurus tertinggi dari seni beladiri adalah ketika seseorang tidak perlu lagi menyelesaikan masalah dengan ilmu beladirinya.”

ALIRAN danSTYLE KUNGFU YANG PERNAH DIPELAJARI :

  1. Xingyiquan (Kungfu Bentuk & Pikiran /Tinju 5 Elements)
  2. Baguazhang (Kungfu 64 Diagram)
  3. Bajiquan (Kungfu Delapan Mata Angin)
  4. Taichi (Aliran Yang)
  5. Wuzuquan (Kungfu 5 Leluhur)/Ngo Cho Kun /Lobanteng + Shantung
  6. Wingchun Ipman style
  7. Wingchun Ular – Bangau
  8. Wingchun Yuenkaysan Style
  9. Wingchun Bengnam Style
  10. Kungfu Hokian Style
  11. Nanquan (Wushu Taolu)

“Ilmu beladiri luas tak terbatas ,tapi kemampuan,kekuatan,kesempatan & waktu kitalah yang terbatas.”

“Jika ingin mengetahui dalamnya lautan ,menyelamlah seluruh tubuh ,bukan hanya mencelupkan kaki sebatas lutut.”

SENJATA dan JURUS YANG DIKUASAI :

  1. Senjata pendek : golok , pedang , toya , trisula/sai ,deer horn/tanduk menjangan ,kait ganda/shuang gou ,tonfa ,kapak,celurit ,
    karambit/kerambit ,kungfu bangku dll.
  2. Senjata panjang : toya ,tombak ,pu dao ,golok Guan Kong dll.
  3. Senjata fleksibel : nunchaku/double stick , triple stick/sansetsukon , rantai cambuk 9 ruas , meteor hammer/bandul bintang jatuh , rope dart/tali bintang melesat dll.
  4. Jurus wushu-kungfu tradisional tangan kosong : zui quan( tinju dewa mabuk),jurus satwa dll.

“Jika ingin menguasai sesuatu yang orang lain tidak mampu menguasainya ,maka lakukan sesuatu yang orang lain tidak pernah mau melakukan.”

ORGANISASI BELADIRI :

  1. FKFI (Federasi Kung Fu Indonesia) menjabat sebagai Dewan Pakar.
  2. AKTI (Aliansi Kungfu Tradisional Indonesia) menjabat sebagai Kepala Bidang Penelitian & Pengembangan.
  3. IBA MMA (Indonesia Beladiri Amatir Mixed Martial Arts) sebagai Wakil Bidang Komisi Perwasitan.
  4. W2C (Wonosobo Combat Club) sebagai Founder & Guru Besar.
  5. KIMA (Ki Kusumo Martial Arts – Mixed Kungfu Combat) menjabat sebagai Dewan Guru.
  6. Pengcab Wonosobo PBJI (Pengurus Besar Jujitsu Indonesia) sebagai Pelatih Utama.
  7. Pengcab Wonosobo Hapkido Indonesia sebagai Pelatih Utama.
  8. Sasana Guntur Geni Fighting Club Magelang Jateng (Yon Armed 11 Guntur Geni Kostrad),sebagai Dewan Guru

“Dari 1000 orang yang menggemari kungfu hanya 100 yang mau belajar,dari 100 orang tersebut hanya 10 yang tetap bertahan,dan akhirnya hanya 1 orang yang tersisa menjadi seorang kungfu sejati.”

Banyak prestasi beladiri berhasil diperolehnya,dibuktikan dengan banyaknya medali dan piala yang berhasil dikoleksi. Berbagai penghargaan,sertifikat, lisensi,maupun piagam diperoleh atas kegilaan,kemaniakan dan keseriusannya dalam menekuni seni beladiri.

Shifu Odi aktif dan pernah mengajar baik untuk umum,kelas privat ,maupun instansi (Kostrad ,Markas Komando Armada Barat TNI AL ,Brimob Den A ,security perusahan-perusahan dll).Murid tersebar dimana -mana dari Sabang sampai Merauke ,bahkan sampai ke luar negeri (Malaysia dan Australia) melalui kelas online.
Murid-muridnya banyak yang berprestasi tingkat nasional maupun internasional.
Murid-murid bahkan ada yang artis,pejabat,maupun pesohor negeri ini.
Shifu Odi juga sering diundang sebagai nara sumber/pembicara acara-acara TV maupun mengadakan seminar,short course,pelatihan tentang seni beladiri.

“Belajar beladiri diawali dari kosong (tidak bisa apa-apa),dan akan berakhir dengan kosong (rendah hati /merasa tidak bisa apa-apa)”

Video jurus dan beberapa skill beladiri Shifu Odi bisa disaksikan di sbb : (Jangan lupa subscribe & follow) :
Chanel Youtube : Odi Purwanto
Fb                       : Odi Purwanto
Instagram           : odi purwanto

Atas dedikasi dan kecintaannya pada seni beladiri khususnya kungfu,maka Shifu Odi mendirikan “Galery Kungfu Wonosobo”yang beralamat Selokromo RT 3 /RW 1 ,Leksono,Wonosobo,Jateng.

Dalam galeri tersebut dipamerkan beragam senjata kungfu,ratusan buku-buku dan video beladiri, koleksi video kungfu jadul original,serta pernak-pernik kungfu termasuk lukisan karya seni hasil kreasi tangan Shifu Odi sendiri.

“Beladiri adalah perjalanan seumur hidup.Seperti bernafas setiap hari ,jangan pernah bosan.Beladiri tidak ada akhir dan tingkatan tertinggi.Karena seorang pelatih adalah seorang murid yang tidak pernah berhenti belajar.”

“Kungfu membutuhkan pengorbanan , dedikasi , komitmen , ketekunan , kedisiplinan , fokus , dan kecintaan yang dalam.”
“Kungfu membutuhkan proses seperti menanam pohon harus rajin merawat , menyirami , memberi pupuk maka suatu saat akan panen sesuai dengan yang kita usahakan.”

autentik : Ocie (Istri Shifu Odi)