Hari ini : Rabu, 27 Oktober 2021 09:33

Empat Tim Animasi FSRD ISI Surakarta Lolos Babak Final GEMASTIK XIV 2021 Sebagai Satu-Satunya Wakil PerguruanTinggi Seni

 

Solo – Event kompetisi nasional yang bertujuan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat khususnya kalangan mahasiswa di Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Universitas Telkom kembali menyelenggarakan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) untuk ke-14 kalinya, secara daring, pada tanggal 4 s.d 7 Oktober 2021.

Untuk tahun 2021 ini, ISI Surakarta mampu meloloskan empat tim yang berasal dari dua prodi yaitu Prodi DKV dan Prodi FTV FSRD ISI Surakarta dalami Gemastik ini yang merupakan program untuk meningkatkan kualitas peserta didik, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

Empat tim mahasiswa yang kesemuanya dari FSRD ISI Surakarta tersebut berhasil lolos seleksi dalam 20 (dua puluh) besar Finalis Divisi Animasi di GEMASTIK XIVTahun 2021 dengan menyertakan 4 (empat) tim yang lolos yaitu tim bernama Maso Team, Boombox, A Tonie Team, dan Sadboys.

Tim pertama Maso Team yang beranggotakan Raden Raihan Pradipta Andrika Putra, Diky Aldiansyah, dan Jihan Kausad dengan judul karya Bumi Rumah Kita

Sedangkan tim kedua, bernama Boombox dengan anggota Cahyaning Brian Paramarta, Annisa Shahwa Prawanti, dan Hanifa Muthia Majida dengan judul karya Holoproject 17,

Sedangkan tim ketiga, bernama A-Toonie Team dengan anggota Naily Farhatin, Nanda Putri Andriani, dan Ahmad Nur Yahya dengan judul karya Rembulan, dimana ketiga tim tersebut dibimbing oleh Rendya Adi Kurniawan, S.Sn., M.Sn selaku Dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta.

Sedangkan tim keempat bernama Sadboys dengan anggota Roiyan Cahya Ramadhani dan Dewa Dika Saputra dengan judul karya The Genius Anto dengan anggota tim, yaitu Dewa Dika Saputra dan Wahyu Noegroho dibimbing oleh NRA Candra DA, S.Sn., M.Sn selaku Dosen Prodi FTV FSRD ISI Surakarta.

Tim dari ISI Surakarta ini akan bersaing dengan tim mahasiswa dari perguruan tinggi seluruh Indonesia yang sudah melakukan persiapan tim untuk materi finalisasi karya animasi, desain poster, media presentasi, konsep, dan aspek lainnya sudah maksimal. Dimana tahapan pembimbingan dari proses awal pencarian ide, pemilihan karakter, pra dan paska produksi, editing, sampai tahapan finishing karya animasi.

Keempat tim animasi ini akan bersaing dengan 19 tim lainnya dimana, babak final bersamaan dengan 11 (sebelas) bidang lomba lainnya di kampus Universitas Telkom, Bandung dimana tahun ini babak final diselenggarakan secara daring karena masih di masa wabah Covid-19.

Keikutsertan dan prestasi sebagai wakil satu – satunya dari perguruan tinggi seni yang diraih ini sangat membanggakan sebab sebagai bukti kompetensi mahasiswa seni dapat dan mampu bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya, khususnya di bidang teknologi, informasi, dan komunikasi.