Hari ini : Rabu, 27 Oktober 2021 11:26

Tiga Siswa SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Maju KSN Provinsi

 

Solo – Tiga siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta maju perlombaan KSN (Kompetisi Sains Nasional) tingkat Provinsi Jawa Tengah pada Senin (11/10). Terdapat tiga mata pelajaran yang diikuti antara lain Shafira Zahra Nur Izza (Sains), Dzaky Aulia Fadhil (Matematika), Reyhan Demas Kusuma Bramantyo (IPS).

Kepala SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, Muhdiyatmoko Jumat (8/10) mengatakan ketiga siswa tersebut akan maju pada tingkat provinsi setelah memborong kemenangan di tingkat Kota Surakarta pada 14 dan 15 September lalu. “Ketiga siswa tersebut menang di tingkat kota dan maju tingkat provinsi,” katanya

Ia mengatakan, sekolah dan tim lomba sudah mempersiapkan segalanya terkait perlombaan baik persiapan secara materi maupun mental para siswa. “Tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha dan berdoa. Semoga dengan apa yang sudah dipersiapkan bisa memberikan hasil yang maksimal,” jelasnya saat memberikan doa restu kepada ketiga delegasi KSN SMP Muhammadiyah PK pada Jumat (8/10).

Ustazah Nurul Fitria selaku koordinator tim lomba menambahkan bahwa persiapan siswa untuk maju lomba di provinsi lebih banyak dari sebelumnya dengan melibatkan guru-guru dalam pembinaan sesuai dengan bidang. “Latihan-latihan soal disesuaikan dengan kriteria KSN provinsi. Kisi-kisi tersebut dibedah dan diolah lagi untuk mempertajam penguasaan konsep anak-anak,” jelasnya.

Sementara itu, Shafira Nur Izza, siswa kelas 9, berhasil meraih peringkat 5 KSN tingkat Kota Surakarta untuk mapel IPA. Izza mengaku lebih serius mempersiapkan perlombaan KSN provinsi. Sebelumnya belajar satu setengah jam hingga tiga jam. Kini waktu belajar ditingkatkan dari tiga jam hingga enam jam. Hal serupa disampaikan Dzaky Aulia Fadhil, siswa kelas 9, yang berhasil meraih peringkat 1 KSN Matematika tingkat Kota Surakarta. Ia berprinsip selama kita mau belajar, berlatih, dan berdoa maka insyallah kita bisa berhasil meraih cita-cita.

Reyhan Demas Kusuma Bramantyo, siswa kelas 9, meraih peringkat 2 untuk mapel IPS tingkat kota Surakarta. Persiapan Reyhan cukup banyak yakni mengembangkan materi sesuai yang dikeluarkan saat tahap pertama. Selain itu juga mengikuti tambahan dari sekolah setiap siang.

“Karena lomba KSN tingkat provinsi terdapat soal uraian maka ia juga mulai belajar cara menjawab soal uraian dengan baik dan benar,” tandasnya.