Hari ini : Minggu, 5 Desember 2021 12:26

Kegiatan kenal akrab mahasiwa baru FKIP Unisri Surakarta secara daring di kampus setempat.

Kerabmaru FKIP Unisri : Temu Asik dalam Bingkai Digital

Solo – Suasana harmonis sangat dibutuhkan dalam proses belajar dan pembelajaran, baik hubungan vertikal maupun horisontal di perguruan tinggi. Suasana itu dapat ditempuh dengan beberapa cara antara lain diskusi atau seminar diluar kuliah rutin.

Namun dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang sinergis, harmonis, dan kondusif, khusus mahasiswa baru ada cara tersendiri. Selama ini, cara itu terbukti dapat meningkatkan hubungan antara mahasiswa dengan dosen dan karyawan.

Yaitu Kerabmaru atau kenal akrab mahasiwa baru. Itulah alasan kenapa Fakultas Keguruan Ilmu Pengetahuan Universitas Slamet Riyadi (FKIP Unisri) Surakarta menggelar kegiatan keakraban bagi mahasiswa baru.

“Kenal akrab mahasiwa baru atau Kerabmaru bisa dijadikan wahana pelatihan terciptanya interaksi sosial dan kecakapan sosial sehingga mahasiwa memperoleh kecakapan pribadi seperti kesadaran diri, pengaturan diri, dan motivasi diri,” kata Dekan FKIP Unisri Surakarta Sri Hartini.

Selain itu, kata Sri Hartini, mahasiswa juga mendapatkan kecakapan sosial agar mampu mengelola hubungan dengan orang lain. Mahasiswa baru dapat lebih mengenal dirinya yang baru. “Yakni, dunia perkuliahan yang merupakan jalan baru untuk meraih impian di masa yang akan datang.”

Kerabmaru dengan tema “Temu Asik dalam Bingkai Digital” yang digelar secara offline itu menghadirkan nara sumber ketua program studi PGSD Unisri Jumanto MPd serta mahasiswa berprestasi 2018 Hannan Makhbula dan ketua BEM Unisri 2021/2022 Jhoni Pranowo.

Sebanyak 400 peserta terlibat dalam kegiatan itu, khususnya dalam forum group disccussion (FGD). Yakni, para pimpinan di FKIP, pembimbing akademik, tenaga kependidikan di lingkungan, dan seluruh mahasiswa baru 2021/2022.(*)

error: Content is protected !!