Hari ini : Minggu, 5 Desember 2021 11:08

55 ponpes menginisiasi pengembangan bisnis ekonomi Pesantren( Ekotren) di Ponpes Barokah Nandan Sukoharjo Jawa Tengah

SUKOHARJO, Kabarjoglo.com – Salah satu upaya peningkatan ketahanan ekonomi dilingkungan pesantren, sebanyak 55 ponpes menginisiasi pengembangan bisnis ekonomi Pesantren( Ekotren) di Ponpes Barokah Nandan Sukoharjo Jawa Tengah.

Dalam acara tersebut hadir beberapa tokoh yang berkompeten dalam bidangnya, perwakilan Ponpes Barokah H. mukhtar Hartanto, S.H.I, Ketua FKPP KH Miftahul Huda, Dekan FEBI UIN Surakarta DR Iwan Hermawan,dan dihadiri oleh Drs H Dalono Pembina Ponpes Barokah yang sekaligus Ketua DPD LDII sukoharjo dan Pengurus harian MUI Sukoharjo.

Sementara itu, Ketua Ponpes Barokah H. Mukhtar Hartanto, S.H.I, menjelaskan untuk mendorong kemandirian ekonomi dilingkungan pesantren melalui program kolaboratif pengembangan ekonomi dan bisnis pesantren dengan melibatkan unsur terkait baik dari BI, Indogrosir, Hebitren,FEBi.

‘’ Acara ini merupakan acara silaturahmi dari beberapa pesantren Sukoharjo yang berada di sukoharjo dan Wonogiri, yag diwadahi oleh forum komunikasi pondok pesantren, untuk berkontribusi yang nyata dalam penguatan ekonomi di lingkungan pondok,’’ katanya.

Dari 80 pesantren kebetulan acara bertempat, di ponpes barokah nandan sukoharjo yang merupakan kehormatan tersendiri bagi pondok, sehingga kedepanya berkeinginan memperkuat ekonomi di lingkungan pondok masing masing sehingga bisa diwujudkan dalam bentuk kerja sama dari beberapa unsur terkait didalamnya sehingga bisa tumbuh dan maju bersama dalam penguatan ekonomi pondok pesantren.

Selain itu kegiatan ini juga bisa mempererat jalinan tali silaturahmi dari berbagai pondok menambah jaringan ukhuwah Islamiyah antar pondok pesantren. (adm)

error: Content is protected !!