Hari ini : Senin, 17 Januari 2022 15:24

Rispro LPDP Sosialisasi Meningkatkan Kompetensi Guru, Merdeka Belajar, Dan Learning Community Melalui Implementasi Lesson Study

Sukoharjo – Puluhan Guru di Kabupaten Sukoharjo ikuti sosialisasi peningkatan kompetensi guru, merdeka belajar, dan membanggun learning community melalui implementasi lesson study , kegiatan ini diinisiasi Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo bertempat di Hotel Tosan Solo Baru. Rabu pagi (22/12/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh guru se-Kabupaten Sukoharjo, Drs. Suroto, Drs. Darmo ,M.Pd dari Dinas Pendidikan Sukoharjo, Prof. Dr. Herry Agus Susanto, M.Pd selaku Ketua Tim Rispro LPDP dan menghadirkan narasumber Dr. Agus Muji Santoso, M.Si selaku pegiat lesson study Indonesia yang juga menjadi salah satu duta kampus merdeka.

Dalam kesempatan Prof. Dr. Herry Agus Susanto, M.Pd selaku Ketua Tim Rispro LPDP menyampaikan “Hari ini merupakan tindak lanjut kegiatan riset tahun kedua Rispro LPDP. Diawali dengan sosialisasi kepada para peserta yang terdiri dari guru TK, SD dan SMP serta pengawas, sedangkan saat tahun pertama pesertanya hanya guru SD saja,” jelasnya.

Lebih lanjut Prof Herry menambahkan “Kegiatan ini dalam rangka untuk memberikan pembekalan dan penguatan pada para peserta untuk memahami prihal leasson, sehingga nantinya ketika akan diplementasikan di lapangan sesuai dengan kaidah kaidah leasson itu sendiri,” tambah Prof Herry.

Narasumber kali ini beliau Dr. Agus Muji Santoso M.Si .Beliau adalah pegiat leasson Study Indonesia dan juga wakil Rektor satu di bidang akademik Universitas PGRI Kediri. juga  salah satu duta kampus merdeka.

Harapannya adalah setelah mengikuti kegiatan ini nanti para peserta dengan bekal yang disampaikan oleh para narasumber akan memberikan pencerahan dalam mengimplementasikan leasson di sekolah masing-masing.

Lebih lanjut Drs. Suroto mewakili Dinas Pendidikan Sukoharjo Menambahkan ” terkait tentang kebijakan pemerintah kabupaten Sukoharjo untuk bagaimana meningkatkan kompetensi guru.Sedangkan kita berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru, berkaitan dengan langgaran APBD.Kita sudah menyiapkan baik itu dari Karage maupun MGMP.”ujarnya

“Kegiatan ini kami benar-benar mensupport karena berkaitan dengan Lesson Studi yang diadakan oleh Univet Bantara .Kita juga sudah mensosialisasikan kepada guru mata pelajaran matematika maupun untuk Bahasa Indonesia Karena jika Bapak atau Ibu Guru tidak ada peningkatan kompetensi maka dia tidak akan naik pangkat ke arah pengembangan diri.” tutupnya

 

error: Content is protected !!