KKN Univet : Permainan Tradisional ABC Lima Dasar pada Anak-Anak di Desa Sidoharjo

Wonogiri – Permainan tradisional adalah suatu aktifitas bermain yang dilakukan oleh anak-anak sejak zaman dahulu dengan aturan-aturan tertentu guna memperoleh kegembiraan. Permainan tradisional memiliki kandungan nilai dan manfaat yang tersimpan di dalamnya dan dapat memberikan efek positif bagi siapa saja yang memainkannya.

Sabtu, 12 Februari 2022 di desa Mojoreno Rt 01 Rw 06 Sidoharjo, wonogiri, jawa tengah, mahasiwa KKN Herdina Wahyu Suranto Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melaksanakan Program Kerja penunjang yaitu mengajak anak-anak desa bermain salah satu permainan tradisional yaitu ABC Lima Dasar.

Permainan ABC Lima Dasar merupakan ragam permainan yang sangat popular bagi anak-anak era 1990-an. Anak-anak memainkannya dengan mudah tanpa menggunakan alat atau benda khusus. Alat bantu dalam permainan ini hanya dengan menggunakan jari-jari tangan.

Adapun manfaat dari permainan ABD Lima Dasar adalah dapat mengasah keterampilan bahasa anak, anak juga dapat menghafal huruf dengan cepat dan menyenangkan.

Permainan ini apabila dilakukan secara bersama-sama dengan menyebutkan huruf sesuai jari yang diacungkan secara berulang-ulang. Hal ini dapat mengenalkan anak-anak pada kosa kata baru dari berbagai kelompok nama-nama seperti benda, hewan, tumbuhan,negara, dan lain-lain.

Permainan ini juga dapat digunakan sebagai media belajar anak dalam menguasai kata dengan cepat untuk menyebut nama sesuai huruf yang telah ditentukan. Anak-anak akan belajar untuk berlomba-lomba mengatakan kata dengan cepat dan tepat ABC Lima Dasar sesuai tema yang sudah ditentukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan