Kegiatan Belajar dan Bermain yang ada di Rumah Cerdas Univet

 

Wonogiri – KKN atau bisa disebut dengan Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu program yang mengajarkan mahasiswa dalam mengenal serta menyelesaikan masalah-masalah yang ada dilingkungan luar. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) berasal dari Universitas Veteran Bangun Nusantara sudah melaksanakan kegiatan tersebut kurang lebih satu bulan. Kegiatan yang hanya dilakukan di desa mereka masing-masing pun berjalan dengan lancar.

Arum Pratiwi, salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang sedang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Sukorejo RT 01 RW 09, Giritirto, Wonogiri. Arum melaksanakan program kerjanya di RCU (Rumah Cerdas Univet) yang merupakan wadah untuk lancarnya kegiatan tersebut.

Program yang dilakukan oleh Arum tentu saja yang paling penting adalah Pendidikan. Arum mengajarkan anak-anak yang masih belum sekolah maupun sudah bersekolah seperti, PAUD, TK, dan SD. Kegiatan tersebut yaitu Bimbel atau Bimbingan Belajar. Agar tidak terjadinya tabrakan waktu, Arum tentu saja memberikan jadwal pada mereka, yang dimana Bimbel tersebut dilaksanakan pada pukul 2 siang, sehingga untuk anak-anak yang masih sekolah tidak perlu khawatir jika jam pembelajarannya di sekolah terganggu.

Pada saat Bimbel atau Bimbingan Belajar, Arum mengajarkan anak-anak yang dalam kesulitan pada Pekerjaan Rumahnya (PR) dan juga tentang materi yang belum mereka pahami. Sedangkan untuk anak-anak yang masih kecil seperti, yang belum sekolah, PAUD, dan SD Arum memberikan materi berupa Alphabet, angka, nama-nama buah, nama-nama hewan, dll. Arum juga menyempatkan untuk memberikan sedikit kosakata menggunakan Bahasa Inggris.

Kegiatan yang berada di RCU (Rumah Cerdas Univet) tidak hanya untuk Bimbingan Belajar saja, tapi disana juga mengajarkan atau mengajak anak-anak untuk bermain permainan tradisional agar anak-anak bisa mengenal permainan tersebut dan tidak kecanduan permainan pada handphone saja, tidak itu juga dengan mengajak anak-anak untuk bermainan mereka jadi bisa senang dan mengistirahatkan pikirannya yang dimana mereka habis belajar tadi.

Permainan yang dimainkan di RCU (Rumah Cerdas Univet) tersebut berupa gobak sodor, petak umpet, tekongan, kucing-kucingan, engklek, ABC lima dasar, bintang mas, dan masih banyak lagi. Kegiatan tersebut dilakukan setiap mereka habis mengerjakan tugas mereka, sehingga tidak menganggu pembelajaran yang ada di RCU (Rumah Cerdas Univet) tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan