Rumah Cerdas Univet Bimbingan Belajar Fun Learning English

Wonogiri – Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran yang dianggap menyeramkan oleh siswa sekolah. Mulai dari banyaknya kosa kata bahasa inggris yang perlu dihafalkan, aturan gramatika, dan juga pengucapan kata bahasa inggris yang dianggap sulit. Siswa menjadi enggan belajar bahasa inggris karenanya. Hal tersebut mendorong Dhian Ayu Wardhani, salah satu mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) asal Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, mengadakan program Bimbingan Belajar Fun Learning English.

Fun Learning English merupakan salah satu program kerja dari Rumah Cerdas Univet, yaitu program unggulan KKN Univet Bantara periode 2022.

Kegiatan KKN periode ini masih dilaksanakan di lingkungan rumah mahasiswa, untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Sehingga Dhian melaksanakan kegiatan Fun Learning English di “markas” Rumah Cerdas Univet, yaitu di rumahnya sendiri yaitu di Dusun Dungringin Rt.23/Rw.01, Talunombo, Baturetno, Wonogiri.

Fun Learning English dilaksanakan dua kali dalam seminggu, yaitu pada hari Senin dan Rabu pukul 13.00-15.00 WIB. Kegiatan Fun Learning English ini diperuntukan bagi siswa Sekolah Dasar, dengan harapan siswa dapat mengenal bahasa inggris dan tidak takut belajar bahasa inggris. Kegiatan yang dilakukan adalah menyanyikan lagu anak yang menggunakan bahasa inggris seperti ABC dan juga menyanyikan nama hewan dan buah dalam bahasa inggris.

Selain menyanyikan lagu bahasa inggris, siswa juga diajak untuk bermain Scrabble, yaitu permainan menyusun kata bahasa inggris berdasarkan huruf yang disediakan. Ada juga permainan tebak nama hewan, buah, dan benda dalam bahasa inggris. Dengan menggunakan media pembelajaran seperti poster bergambar, siswa diminta untuk menebak nama hewan atau benda yang ditunjuk.

Siswa juga diajak untuk dapat mengeja kosa kata bahasa inggris, dan juga belajar bagaimana pelafalannya. Tak jarang Dhian memberikan hadiah kecil sebagai bentuk apresiasi kepada siswa yang sudah mau semangat dalam belajar bahasa inggris.
Dengan cara tersebut, diharapkan siswa akan lebih nyaman dalam belajar bahasa inggris karena lebih menyenangkan.

Menggunakan media pembelajaran yang beragam dan mengajak siswa untuk turut serta dalam kegiatan belajar, membuat siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Dengan ilmu yang didapatkan selama mengikuti perkuliahan, Dhian yang merupakan mahasiswi jurusan Pendidikan Bahasa Inggris berharap dapat mengabdikan diri bagi lingkungan sekitar dan bermanfaat bagi sesama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan