KKN MANDIRI UNIVET : RUMAH CERDAS DAN BTQ BAGI ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN SEKITAR

Wonogiri, Kabarjoglo.com – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Tahun 2022 Universitas Veteran Bangun Nusantara dilaksanakan sekitar 45 hari ini mengambil tempat di lingkungan tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Salsabil Putri, salah satu mahasiswa KKN Mandiri Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, mengaku sedikit kecewa karena tidak bisa melakukan KKN seperti tahun-tahun sebelumnya, hal ini disebabkan karena adanya virus Covid-19 yang membuat pihak kampus melarang pelaksanaan KKN di luar daerah.

KKN Mandiri ini mengharuskan mahasiswa membuat program kerja utama dan penunjang yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar. Program kerja utama yaitu Rumah Cerdas Univet (RCU), dimana mahasiswa memberikan bimbingan belajar bagi anak-anak desa setempat. Tidak hanya bimbingan belajar, anak-anak juga diajak untuk bermain sambil belajar. Materi yang sering diajarkan yaitu Bahasa Inggris, hal ini juga dilatarbelakangi oleh jurusan mahasiswa serta minat anak-anak untuk belajar Bahasa Inggris pun sangat besar.

Selain RCU, mahasiswa juga membuat program kerja di masjid desa yaitu TPA untuk anak-anak dengan dibantu beberapa anak yang sudah bisa mengajar BTQ, yang nantinya akan melanjutkan mengajar bila masa KKN mahasiswa sudah habis supaya TPA dapat tetap berjalan. Program penunjang seperti pemasangan poster Covid-19, yang diharapkan dapat memberi pemahaman bagi warga untuk selalu menaati protokol kesehatan juga sudah terlaksana dengan menempel poster di beberapa titik yang dirasa dapat terlihat oleh seluruh warga.

Dengan sisa waktu KKN yang tinggal 14 hari, mahasiswa akan melaksanakan beberapa program kerja penunjang yang belum terlaksana dan bekerjasama dengan warga desa yang berkaitan, seperti pendampingan UMKM warga setempat. Mahasiswa berharap program kerja yang dibuat mahasiswa dapat memberikan manfaat bagi warga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan