KKN Univet : Melestarikan Permainan Tradisional Lompat Karet di Desa Gupit.

Sukoharjo – Mardziyah salah satu mahasiswa Univet Bantara saat ini  sedang melakukan program belajar KKN  di Desa NGrombot Gupit RT 02 RW 06 Nguter, Sukoharjo. Pada Hari Selasa (1/3/2022)

Dengan Proker Utama RCU (Rumah Cerdas Univet) dan pada kesempatan kali ini mahasiswa mengadakan program RCU yakni mengajak anak anak melestarikan permainan tradisional.

Kegiatan ini di ikuti oleh sekitar 10 anak anak di Desa Ngrombot dan dilaksanakan di halaman depan TPA yang kebetulan mahasiswa mengajak anak anak dari TPA Albarokah Ngrombot untuk mengajak bermain permainan tradisional lompat karet setelah rutinitas TPA selesai dilaksanakan mahasiswa dan anak anak.

Mardziyah dalam pelaporan KKN yaitu dengan adanya ajakan bermain bersama permainan tradisional lompat karet ini untuk mengedukasi anak anak bahwa perlunya pelestarian permainan tradisional sejak dini dari anak anak .

Dalam pelaksanaannya ternyata di sambut baik serta antusias yang tinggi dari anak anak bahkan ternyata ada anak yg belum mengenal permainan tradisional jenis ini .

Mardziyah berharap dengan adanya RCU ” pengenalan permainan tradisional Lompat karet” bisa membuat anak anak lebih mencintai budaya lokal tidak menghilangkan permainan tradisional bahkan bangga bisa bermain dan memiliki permainan tersebut sehingga bisa meminimalisir trauma healing pada anak akibat pandemi covid 19 yang mengharuskan semuanya berakseskan digital termasuk permainan .

Adanya edukasi permainan lompat tali bisa sedikit menghilangkan ketergantungan anak akan game game online yang marak sekarang ini serta lebih membuat anak bisa ikut melestarikan budaya lewat permainan tradisional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan