Direktorat Inovasi dan Hilirisasi UNS Sukses Gelar UNS Innovation Festival 2022

Pembukaan oleh Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S. T., M. T. selaku wakil rektor bidang riset dan inovasi UNS.

Solo, Kabarjoglo.com — Direktorat Inovasi dan Hilirisasi Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali sukses menyelenggarakan UNS Innovation Festival yang merupakan perhelatan akbar akhir tahun pada bidang riset dan inovasi civitas akademika UNS. Acara ini diselenggarakan di Tower UNS Gedung Ki Hajar Dewantara pada 10-11 Desember 2022 dan dihadiri oleh 30 tenant yang terdiri dari pra-startup dan startup yang telah diinkubasi melalui program Sebelas Maret Startup Academy (SEMESTA Bright) untuk mempresentasikan kreasi dan inovasi mereka kepada publik. Kegiatan ini awali sambutan oleh Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S. T., M. T. selaku Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Universitas Sebelas Maret.

“Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Direktorat Inovasi dan Hilirisasi berupaya untuk memfasilitasi pengembangan hasil riset dan inovasi, seni budaya serta kreasi inovatif warga kampus UNS melalui program pendanaan Inovasi dan Inkubasi Startup. Selain meningkatkan percepatan inovasi, program ini diharapkan mampu mendorong komersialisasi hasil-hasil riset dan mempercepat laju lahirnya perusahaan-perusahaan rintisan (startup) berbasis teknologi.” tegas Prof. Kuncoro Diharjo.

Kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian acara seperti Pitching Session, Talkshow: Hello Startup!, Expo, Business Matching, Startup Summit, Graduation Day, dan dimeriahkan dengan panggung hiburan. Pada perhelatannya tahun ini, UNS Innovation Festival yang diadakan selama dua hari dapat terwujud berkat kerja sama antara UNS dan sejumlah pihak.

Rangkaian kegiatan hari pertama diisi dengan pameran hasil inovasi dari pra-startup dan startup pada Expo, Pitching Session atau laporan perkembangan tenant selama inkubasi, Business Matching dimana tenant terpilih oleh Sebelas Maret Startup Akademi (SEMESTA Bright) akan mempresentasikan inovasinya serta berpotensi mendapatkan investasi dari lembaga pembiayaan, dan Talkshow: Hello! Startup yang diisi oleh Ahmad Amirudin selaku Growth Strategist perusahaan Dinotis dengan tema “Future Entrepreneurship, Lead to Ready-to-invest Innovation” serta Edward Joesoef, CSO Konimex Group, turut menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut yang berbicara mengenai aksesibilitas dalam inovasi. “Resilience, Critical Thinking, Feedback Loop, Reality Check merupakan hal mendasar dalam membangun inovasi,” papar Edward Joesoef.

IoTanic; Wiyata Academy; Monitorid; Panensia; dan Accerly Indonesia sukses maju ke tahap business matching dengan mempresentasikan inovasi perusahaan mereka di hadapan investor dan stakeholders UNS selaku venture capitals.

Dewan juri dan juga tamu undangan dari venture capital dan investor menilai dan memberi komentar pada sesi business matching.(foto/ist)

Rangkaian hari kedua kembali dimeriahkan dengan Talkshow: Hello Startup! Vol. 2. Tiga narasumber dihadirkan untuk mengisi acara ini yaitu Business Development Manager RedDoorz, Doro Jatun Kuncoro; Business Manager dari Sekutu Company, Aditya Pramudita; dan Senior UX Designer Evermos, Korniawan Prabowo. Ketiga narasumber menyampaikan materi sekaligus berbagi pengalaman mereka pada sesi masing-masing yang disediakan.

Tenant pada kegiatan pameran (foto/ist) 

Startup Summit dan Penghargaan Startup
Startup Summit, wadah dan peluang bagi pemilik bisnis untuk mendapatkan lebih banyak eksposur dari modal ventura dan tamu terkenal. Sepuluh pra-startup dan startup terpilih telah menyampaikan ide mereka di hadapan juri dan perusahaan ventura pada sesi ini. Juri dihadirkan untuk menilai ide dan presentasi dari para presenter yaitu Deputy CEO Collaboration and Investment of UMG IdeaLab Indonesia, Alexander Epifaniyanto; Programmer Manager of BLOCK 71 Yogyakarta at NUS Enterprise, Dara Mawar Jelita; BPC HIPMI Solo, Rohmad Nur Cahyo; Kepala Badan Pengelola Usaha UNS, Prof. Dr. Zainal Arifin, S. T., M. T.; Venture Program Manager of MDI Ventures, Frans Hasiholan; dan CEO DK Consulting Group, Djoko Kurniawan.

Peserta Startup Summit mempresentasikan ide dan inovasi (foto/ist)

Dari acara ini bisa terbentuk bibit-bibit baru entrepreneur di Indonesia dan tentunya acara ini akan lebih baik jika tidak hanya dipertemukan dengan investor-investor, tapi juga dipertemukan dengan pihak lain langsung dari kompeni-kompeni, sehingga terjadi matching dari yang mereka usulkan dengan satu kompeni yang mungkin cocok dengan idenya tersebut.” pesan Djoko.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada lima tenant terbaik hasil inkubasi Sebelas Maret Startup Akademi (SEMESTA Bright) UNS. Kelima tenant terbaik ini antara lain IoTanic; WIYATA academy; DIMONITOR.ID; Comoditaz; dan accerly yang nantinya dapat menempatkan kantor UNS Innovation Hub (IHub) di gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS lantai empat.

Melalui event UNS Innovation Festival 2022 ini diharapkan mampu memperluas jaringan dan meningkatkan kemampuan bisnis serta dapat terciptanya sinergi yang baik antara investor dengan pelaku usaha kreatif.

“Lanjutkan terus, acara ini bagus. Sukses untuk UNS Innovation Festival.” ucap Djoko pada akhir kegiatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan