Nilai Pendidikan Islam dalam Pengajian Lapanan

Sragen, Munculnya majlis ta’lim dewasa ini merupakan fenomena menarik. Majlis ta’lim lahir bersamaan dengan kompleksitas persoalan yang dihadapi di masyarakat, seperti pencurian, narkoba, pergaulan bebas dan lain sebagainya.Oleh karena itu, bermula dari kesadaran masyarakat untuk membendung persoalan tersebut melalui pemahaman dan peningkatan nilai-nilai agama mutlak dilakukan. Seperti yang dilakukan Danramil 12/Gesi Kodim 0725/Sragen menghadiri Undangan Pengajian Rutin Lapanan di Masjid IPHI Ds.Gesi Kec Gesi, Rabu ( 31/05/2023 )

Menurut Danramil Pengajian lapanan adalah ibadah tambahan yang merupakan amalan yang dilakukan seseorang setelah melukan kewajiban ibadah wajib, ibadah yang di maksud dalam Pengajian Lapanan disini ibadah tidak memanggung kewajiban sebagai hamba Allah SWT yaitu menjahi perintah dan menjauhi laranganya.

Aqidah tentang keimanan yang mencakup rukun Iman yang lima, akhlak atau perilaku seperti mengucapkan salam ketika bertamu dan menghormati orang. dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan bagi masyarakat adalah berperan sebagai kreator (yang pertama memulai atau mengawali), Fasilitator (yang menyediakan), dan edukator (pendidikan).

“ Pengajian lapanan pada masyarakat dan remaja agar remaja di desa lebih aktif pada kegiatan keagamaan, sosial dan budaya yang baik untuk menambah atau memaksimalkan Peranan masyarakat dalam kehidupan sosial masyarakat “ ujar Danramil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan