Babinsa Trukan Serukan Tidak BABS

Wonogiri, Kabarjoglo.com  – Tim dari Puskesmas Pracimantoro I menggelar kegiatan Orientasi Natural Leader STBM yang bertempat di Balai Desa Trukan, Kamis(12/3).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Trukan Rakino, Tim dari Puskesmas Kec. Pracimantoro (Anggoro Safari bidang PKM Muda, Yulkarindah bidang Sanitatian, Wartini Bidan Desa Trukan, Babinsa Desa Trukan Serka SB. Munthe, Ketua Poktan Ngatno, Perangkat Desa.

Kepala Desa Trukan Rakino mengucapkan selamat datang kepada Tim dari Puskesmas I dan seluruh tamu undangan, dan menekankan kepada masyarakat agar menjaga kesehatan lingkungan dengan tidak buang air besar sembarangan (BABS), dari Puskesmas akan menjelaskan langkah dan tindakan yang akan di lakukan untuk para pejabat RT/RW agar mensosialisasikan kepada warganya.

Anggoro Safari Tim dari Puskesmas menyampaikan agar penyampian yang diberikan dari pihak Puskesmas nanti supaya disosialisasikan kepada warganya masing – masing. Kedepan, kami dari Puskesmas I Pracimantoro berharap, untuk sosialisasi selanjutnya pelaksanaannya agar kontak langsung dengan warga, supaya penyampaiannya lebih gampang di pahami.

Babinsa Desa Trukan menyampaikan, bahwasanya perilaku buang air besar sembarangan (BABS) termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat. Buang air besar sembarangan adalah suatu tindakan membuang kotoran atau tinja di sembarangan tempat, sehingga dapat mengkontaminasi lingkungan baik tanah, udara maupun air. Jauh-jauh hari sebelumnya pihak TNI – AD sudah menggalakkan program pembuatan sejuta jamban (Jambanisasi) melalui pelaksana dilapangan oleh para Babinsa selaku satuan teritorial.

Mengingat banyak ditemukan di kalangan masyarakat ketidak punyaan Jamban yang disebabkan karena keterbatasan biaya, sehingga dengan hal tersebut terkait kemanunggalan TNI dengan Rakyat maka kepedulian pihak TNI membuat terobosan dengan Program Sejuta Jamban.

“Ke depannya kami selaku Komando Kewilayan, yang mempunyai tanggung jawab melaksanakan pembinaan teritorial (Binter) di wilayah berharap, kerjasama dari semua pihak dalam upaya mensejahterakan masyarakat salah satunya dalam bidang kesehatan”, pungkasnya.

Adapun penyampaikan dari narasumber adalah Agar menjaga kebersihan lingkungan, Buang air besar tidak sembarangan, dampak dari kotoran manusia pada kesehatan masyarakat, cuci tangan dengan 6 gerakan, pengelolaan makanan dengan sehat di setiap rumah tangga, kontrol rutin kesehatan di pasilitas kesehatan terdekat, (Pendim 0728/Wng).

Berita Lainnya

ADVERTISEMENT

Berita Terbaru

Kabar Pilihan

ADVERTISEMENT

SPONSOR