Hari ini : Rabu, 28 Oktober 2020 19:12

Sop Mowo, Kuliner Unik Sopnya di Atas Bara Api

Klaten, Kabarjoglo.com – Salah satu kuliner di klaten yang tak kalah patut dicoba adalah Rumah Makan Sop Mowo yang terletak di Desa Sobayan, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, tepatnya di depan rumah sakit Mitra Keluarga Pedan, diresmikan oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, Jum’at siang (25/09/2020)

Pembukaan rumah makan yang menyajikan 101 macam menu masakan ini, ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Klaten Sri Mulyani didampingi OPD Kabupaten Klaten, Forkopimcam Pedan, Kepala Desa Sobayan dan pejabat yang lain, serta para tokoh masyarakat di Kecamatan Pedan.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, rumah makan Sop Mowo Klaten ini saya nyatakan dibuka, semoga laris manis,” ujarnya.

Bupati juga memberikan apresiasi atas dibukanya rumah makan Sop Mowo ini. Karena selain mendatangkan kesejahteraan bagi pemilik dan warga sekitar juga akan menyerap tenaga kerja. Bupati berpesan, selain harus inovatif dalam penyajian menu, tidak kalah pentingnya yakni menjaga kebersihan dan higienitas makanan.

“Makanan maupun tempat harus bersih dan higienis. Sanitasi dan juga limbahnya juga harus diperhatikan, jangan sampai mencemari lingkungan,” tuturnya.

Dalam kesempatan Agustini Yuliana pemilik Rumah makan Sop Mowo menjelaskan kepada awak media , “Sop Mowo ini merupakan menu makanan Sop ikan patin yang disajikan dalam wadah semacam wajan kecil yang terbuat dari gerabah dan disajikan diatas anglo ( tungku) yang menyala dengan pemanas bara arang kayu (Mowo).” jelasnya

Sop Mowo ini disajikan diatas bara api sehingga tidak mudah dingin apabila disantap sembari ngobrol bersama teman-teman. Ia menambahkan , rumah makan ini buka dari pukul 4 pagi sampai dengan pukul 9 malam. menu andalannya yakni Sop Mowo.

” Murah kok, Sop Mowo hanya 10 ribu rupiah saja, Sego berkat hanya 5 ribu, nasi sayur juga cuma 5 ribu rupiah,” tutupnya .

Close
Close

SPONSOR