Hari ini : Minggu, 24 Oktober 2021 09:27

Penandatangan Kesepakatan antara Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Politeknik Harapan Bangsa, Forum Bursa Kerja Khusus (BKK) dan PT Teleperformance

SOLO – Penandatangan Memorandum of understanding (MoU) antara Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Politeknik Harapan Bangsa, Forum Bursa Kerja Khusus (BKK) dan PT Teleperformance dilaksanakan di Gedung B Kampus Unisri Solo di Jalan Sumpah Pemuda No.18, Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jumat (17/9) pagi.

Hadir dalam giat tersebut Rektor Unisri
Prof. Dr. Ir. Sutardi MAPP, SC, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Dr. Sutoyo, M.Pd, Direktur Politeknik Harapan Bangsa Dr Eka Budhi Santosa ST, M.Pd , HRD PT Teleperformance, Ferison, perwakilan dari Disnakerperin Kota Solo, perwakilan dari Dinas Pendidikan Cabang 7, perwakilan dari Bappeda Kota Solo dan tamu undangan lainnya.

Rektor Unisri Prof. Dr. Ir. Sutardi MAPP, SC,mengatakan penandatangan MoU antara Unisri dengan berbagai lembaga, Forum komunikasi BKK dan juga PT Teleperformance tersebut sangat penting dalam rangka mengimplementasikan program nasional Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Salah satu program bagaimana menjalin kerjasma institusi dengan dunia usaha, dunia industi lembaga pemerintahan yang notabene untuk pembelajaran peserta didik,” ucapnya.

Rektor menambahkan dengan adanya program MBKM para lulusan akan mendapatkan bekal yang cukup baik softskill, hardskill dan life skill sehingga bisa mengarungi dunia kerja atau menciptakan lapangan kerja untuk dirinya dan juga untuk masyarakat luas.

Direktur Polhas Dr. Eka Budhi Santosa ST, M.Pd menuturkan MoU ini adalah momentum memanfaatkan peluang di dunia industri untuk bisa diisi oleh alumni dari Politeknik Harapan Bangsa .

Dikatakannya, Polhas adalah perguruan tinggi vokasi oleh karena itu selain untuk memfasilitasi lulusan juga terutama untuk kegiatan praktek kerja lapangan, kemudian penelitian-penelitian kita bisa kerjasama dengan PT Teleperformance.

“Kerjasama selain rekrutmen juga terkait dengan Tri Darma Perguruan Tinggi kita bisa mengirim mahasiswa kita untuk PKL disitu juga ada masukkan-masukkan tentang kurikulum yang ada di Polhas dari dunia industri,” terangnya.

Dia menambahkan saat ini lulusan dari Politeknik Harapan Bangsa sebelum wisuda sebagian besar sudah mendapatkan pekerjaan.

“Ada 80% yang sudah bekerja ini yang besok kita akan wisuda pada bulan Oktober itu sudah sebagian besar sudah diterima kerja,” tegasnya.

Sumilir Wijayanti Kabid Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Solo mengatakan giat tersebut sangat bermanfaat khususnya untuk anak-anak didik di bangku SMK maupun yang alumni perguruan tinggi terkait dengan potensi pasar kerja.

“PT Teleperformance Indonesia ini kan networknya seluruh Nusantara,” katanya.

Dia menjelaskan SMK maupun perguruan tinggi di Kota Solo mempunyai punya jenis disiplin ilmu yang sangat banyak sehingga anak-anak yang ingin mengembangkan karir dan kompetensinya mungkin tidak hanya di Solo tetapi juga di luar Solo maupun di luar provinsi ini akan terjembatani.

“Harapan kami semoga dengan adanya MoU ini bisa ada langkah-langkah solusi inovatif dan progresif untuk menjawab tantangan Ketenagakerjaan di masa pandemi ini,” ulasnya.

Sihhono, Kasubag TU Dinas Pendidikan Cabang 7 mengatakan dengan adanya MoU antara pihak universitas, Forum BKK dengan PT teleperformance Indonesia diharapkan nanti anak-anak didik lulusan SMK, SMA dan SLB terserap di dunia kerja.

Kedepan dengan adanya MoU nanti adalah angin segar setelah pandemi mereka merupakan langkah nyata awal Forum BKK Surakarta sebagai inisiator untuk membantu pemerintah dalam mengatasi pengangguran.

Kepala Disnakerperin Kota, Solo Agus Sutrisno melalui Kabid Penempatan dan Pelatihan Tansmigrasi Disnakerperin Kota Solo mengatakan terkait dengan penandatanganan MoU tersebut pihaknya sangat mendukung guna mengatasi masalah pengangguran di Kota Surakarta.

“Dengan adanya pandemi Covid-19 ini kita di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta sangat sangat mendukung kerjasama MoU ini dari beberapa BKK dari sekolah sekolah SMK dan perguruan tinggi ini bersama-sama bersinergi untuk mengatasi pengangguran di Kota Surakarta, karena dengan adanya Covid 19 ini pengangguran di Kota Surakarta semakin meningkat dengan adanya kerjasama ini semoga angka pengangguran semakin teratasi dan grafiknya semakin turun,” ungkapnya.

Drs.Daroji, Ketua Forum BKK Surakarta menjelaskan giat tersebut banyak manfaatnya diantaranya secara administrasi masing-masing yang bertandatangan mempunyai bukti kalau ada kerjasama.

“Kemudian sebagai tempat penyaluran tenaga kerja kalau yang perusahaan mereka akan menerima SDM yang kita sediakan dari masing-masing BKK SMK, SLB, LPK dan perguruan tinggi di Kota Solo,” lanjutnya.

“Masing-masing lembaga akan mendapatkan image, masing-masing lembaga akan punya nama jadi bisa membantu anak-anaknya, alumninya bisa bekerja, yang utama adalah FK BKK memfasilitasi anak-anak yang ingin bekerja dan menjadi wadah masing-masing BKK SMK, perguruan tinggi, LPK dan SLB,” imbuhnya.

Sarapudin, M.Pd Kepala UPT Unisri Career Centre berharap melalui penandatanganan ini sebagai langkah awal untuk berbuat demi tercapainya cita-cita anak bangsa dalam rangka untuk memperoleh pekerjaan yang layak baik itu lulusan SMK maupun lulusan perguruan tinggi.

“Harapan masa depan bangsa Indonesia adalah tugas mulia dan ini akan menjadi tanggung jawab kita bersama,” tandasnya.

Ferison, HRD PT Teleperformance menjelaskan perusahaannya merupakan perusahaan yang membidangi jasa customer service dan call center.

“Kami mencari tenaga kerja dari berbagai bidang ilmu dengan syarat utamanya memiliki communication skills yang baik,” tutupnya.

Sementara Musyarofah, Humas SMK Muhammadiyah 4 Surakarta yang hadir menjelaskan dengan adanya kerjasama tersebut nantinya bisa menyerap alumni dari sekolahnya.

“Sekolah kami ada tiga jurusan yang pertama adalah farmasi kedua adalah kimia industri yang ketiga adalah tata kecantikan,” tandasnya.