Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Periode II Univet, Lestarikan Budaya Indonesia Melalui Permainan Tradisional Pada Anak-Anak

 

Karanganyar – Universitas Veteran Bangun Nusantara mengadakan KKN yang resmi diselenggarakan pada tanggal 01 Februari sampai dengan 17 Maret 2022. KKN ini dilaksanakan secara mandiri oleh mahasiswa di wilayah tempat tinggal masing – masing.

Mahasiswa KKN bernama Aprilia Sari Jayanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara melakuka salah satu kegiatan berupa pengenalan dan edukasi permainan tradisional sebagai upaya pelestarian dan mengurangi dampak negatif dari game online pada anak.

Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Kendal Lor, Rt 24 Rw 09 Kecamatan Jatipuro.
Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pengenalan tentang berbagai macam permainan tradisional serta menanamkan kepada anak untuk melestarikan budaya dan menjaga kearifan lokal.

Permainan tradisional selain mengurangi dampak negatif dari game online diharapkan juga sebagai salah satu upaya pelestarian supaya tidak hilang dengan semakin majunya zaman.

Bersama anak-anak mahasiswa memainkan berbagai permainan tradisional seperti Congklak, Lompat Tali, Bola Bekel dan sebagainya. Hal tersebut diharapkan supaya anak-anak dapat lebih mengenal permainan tradisional dan dapat melestarikannya, sehingga mampu mengurangi kecanduan anak terhadap game online.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan