PROGRAM KERJA KKN UNIVET : Rumah Cerdas Univet Untuk Anak-anak Di Dukuh Ngoro-oro

Sukoharjo – Pandemi Covid-19 masih menjadi permasalahan yang belum terselesaikan hingga saat ini. Oleh sebab itu, mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melaksanakan KKN mandiri di lingkungan desa masing-masing.

Laras Abadi Sahati mahasiswi dari Prodi PGSD melaksanakan KKN di Dukuh Ngoro-oro, Desa Luwang, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo.
Dalam KKN Periode II Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo mengambil tema “Pendidikan Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19”. Salah satu program kerja yang dilaksanakan Laras adalah Rumah Cerdas Univet.

Bacaan Lainnya

Kegiatan awal KKN, Laras mengurus perizinan dan sosialisasi kegiatan KKN kepada ketua RW Suwarno yang akan dilaksanakan selama 45 hari terhitung dari tanggal 1 Februari 2022-17 Maret 2022.

Senin, 7 Februari 2022. Laras melaksanakan program kerja “Rumah Cerdas Univet” dimulai dengan sosialisasi dan pembagian masker untuk anak-anak. Lalu, Laras melaksanakan bimbingan belajar membuat kerajinan tangan. Kegiatan ini sangat didukung masyarakat setempat karena anak-anak merasa terhibur di tengah padatnya tugas-tugas online.

Sedangkan pada hari Selasa, 8 Februari 2022 anak-anak bermain permainan tradisional. Kegiatan ini dilakukan dengan maksud untuk mengurangi resiko anak kecanduan game online dengan dialihkan pada permainan tradisional tersebut.

Rumah Cerdas Univet (RCU) sendiri adalah suatu program yang diselenggarakan sebagai wadah anak-anak untuk belajar sambil bermain. Disini anak-anak diberi bimbingan belajar dan diajak bermain untuk menghilangkan kebosanan dan menambah semangat belajar.

Dalam prosesnya RCU diikuti oleh 6 anak. Kegiatan pembelajaran diantaranya adalah berkreasi membuat kerajinan tangan berupa tempat pensil dari kertas kokoru untuk melatih kreatifitas anak. Sedangkan untuk permainannya mereka bermain permainan tradisional gobak sodor.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan