Mahasiswa KKN Univet Bantara Ajak Masyarakat Membuat Hand Sanitizer Berbahan Lidah Buaya

Wonogiri, Kabarjoglo.com – Semenjak munculnya pandemi Covid-19, peggunaan hand sanitizer menjadi prioritas utama bagi masyarakat. Hand sanitizer merupakan salah satu cairan atau gel yang berfungsi untuk mengurangi kuman atau virus ketika melakukan kontak fisik (berjabat tangan).

Sebagai upaya pencegahan virus Covid-19, Wika Ayu lestari sebagai Mahasiswa KKN Mandiri Universitas Veteran Bangun Nusantara Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar adakan sosialisasi pembuatan hand sanitizer menggunakan lidah buaya kepada masyarakat khususnya ibu-ibu di Desa Tempuran RT 001 RW 004 Bulurejo, Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri. Minggu (27/02).

Melalui sosialisasi ini mahasiswa dapat memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan tangan dengan menggunakan hand sanitizer.

Kegiatan pembuatan hand sanitizer ini dapat dilakukan ibu – ibu di waktu luang. Selain mengisi waktu luang, pembuatan hand sanitizer secara mandiri juga dapat mengurangi pengeluaran karna lebih berhemat dan bahan – bahan yang diperlukan mudah dicari.

Dalam kegiatan itu, mahasiswa memberikan arahan bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat hand sanitizer menggunakan lidah buaya, yaitu bahan utama nya lidah buaya 2 batang, botol plastik ukuran 60 ml, dan cairan alkohol. Proses pembuatannya cukup sederhana dengan mengupas terlebih dahulu kulit lidah buaya dan di blender. Kemudian saring lidah buaya yang sudah di blender agar tidak mengendap, setelah itu tuangkan cairan alkohol sebanyak 60 ml.

Masyarakat sangatlah antusias dengan kegiatan pembuatan hand sanitizer menggunakan lidah buaya ini. Dengan demikian, mahasiswa KKN berharap agar adanya kegiatan ini dapat menyadarkan masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan