Laporan Kegiatan Minggu Ke 3

Sukoharjo – Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo  2022 ikut serta dalam kegiatan belajar santri TPA Al Rohman Desa Sembukan Dusun Pengkol Rt 02/ Rw 06. Dilaksanakan setiap hari Sabtu sampai dengan minggu dan dimulai dari 15.00 s.d 16.30 WIB. Kegiatan TPA Al Rohman ini dibuka sebagai bentuk kepedulian terhadap anak anak dalam rangka meningkatkan ketaqwaan anak usia dini untuk belajar membaca Al-Quran, terutama dalam pengetahuan anak-anak setempat terhadap ilmu keagamaan.

Terdapat 2 Pembagian  Pembelajaran untuk santri TPA  Al Rohman. Taman Pendidikan Al-Qur’an atau biasa disebut dengan TPA/TPQ. Kegiatan belajar di TPA Al Kausar  jam 15.00 s.d 16.30. Dikhusus kan untuk anak-anak yang baru belajar IQRO biasanya dimulai dengan membaca doa sebelum belajar, doa sehari-hari dan mengaji. Kemudian Pukul 18.30 Dilanjutkan untuk anak anak yang sudah Belajar Al Qur’an, ustadz memberikan materi pembelajaran yang sudah dijadwalkan dan kegiatan diakhiri dengan membaca surat-surat pendek.

Adapun kegiatan tambahan yang menjadi aktivitas untuk santri dan santriwati dalam mengembangkan kreatifitas para peserta didik, yaitu Belajar Kaligrafi. Kegiatan tambahan yang dilaksanakan setiap malam Minggu, para santri dan santriwati diminta untuk belajar Kaligrafi, hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas para peserta didik.

Agar siap mengikuti ajang perlombaan di berbagai kompetisi, dan meraih juara, ucap Indah hambar wangi.
Anak-anak tersebut terlihat begitu antusias dengan langsung membentuk lingkaran-lingkaran kecil untuk menunggu giliran mengaji yang diajarkan oleh para mahasiswa. Jumlah santri dan santriwati, terdiri dari santri campuran dari TK dan SD atau bisa dikatakan tidak ada tingkatan kelas sama sekali. Atau yang lebih rincinya lagi jika ada santri yang akan melakukan munaqosah maka santri tersebut akan dipilih oleh  ustazahnya sendiri dan diambil sesuai memenuhi persyaratan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan