KKN Univet : Pengenalan Potensi Budaya melalui Pencak Silat.

Wonogiri – Mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Guntur Adi Nugroho melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di kampung Mojoreno, Rt/Rw 01/07, Sidoharjo, Wonogiri. Kegiatan KKN dilaksanakan selama 45 hari terhitung dari tanggal 1 Februari 2022 sampai tanggal 17 Maret 2022.

Di era modern ini pemuda-pemuda milenial sekarang banyak yang meninggalkan budaya negaranya sendiri akibat terbawa arus globalisasi. Oleh karena itu sangat penting untuk menanamkan rasa bangga dan cinta terhadap budaya negara sendiri. Agar negara ini tidak kehilangan jati dirinya.
Budaya asli indonesia salah satu nya adalah pencak silat, suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Kepulauan Nusantara. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara.

Melestarikan budaya sendiri merupakan cara warga negara untuk melawan arus globalisasi dan mengembangkan budaya agar bisa semakin di kenal dunia. Salah satu nya yang dilakukan oleh Guntur adi nugroho mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Dengan melakukan Pengenalan potensi budaya.

Pengenalan potensi budaya dilaksanakan pada tanggal senin 07 maret 2022. Guntur juga menambahkan ” Materi pengenalan potensi budaya mulai dari bela negara dan melestarikan budaya indonesia, serta memberi arahan untuk bagaimana bisa melestarikan budaya yang semestinya. tentu terlebih khusus di bidang olahraga. ” Terang Guntur kepada kabarjoglo.

” Dengan adanya pengenalan potensi budaya ini saya menjadi lebih paham terkait bagaimana saya harus bisa membuat bangga nama indonesia terkhusus nya dibidang olahraga pencak silat. Kak Guntur menyampaikan materi yang bagus untuk menggunakan pencak silat sebagai wadah untuk berprestasi. ” Ucap Putra salah satu siswa dari perguruan pencak silat Persaudaraan setia hati terate (PSHT).

Selama pelaksanaan pengenalan potensi budaya para siswa siswa perguruan pencak silat sangat antusias dan sangat memperhatikan materi yang di sampaikan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan