Ribuan Jamaah Padati Taman Parkir Kottabarat Solo untuk Salat Idul Fitri 1445 H

Solo – Ribuan jamaah umat Islam memadati taman parkir Sentra Kuliner Kottabarat Solo untuk mengikuti salat Idul Fitri 1445 H pada Rabu (10/4/2024). Salat dipimpin oleh Dr. Isman Saleh, S.H., S.H.I., M.H., Dosen Pasca Sarjana UMS.

Jamaah terlihat telah memadati lokasi sejak pukul enam pagi, dengan pelaksanaan salat dimulai tiga puluh menit berikutnya.

Saat khotbah salat Idul Fitri, Dr. Isman Saleh mengajak jamaah untuk merawat takwa sebagai nilai dari puasa, dengan rasa syukur dan ikhlas, sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW dan ayat Allah SWT dalam Al-Quran.

“Prinsip takwa adalah nilai yang kolektif dan tidak boleh hanya menjadi nilai individu. Keberkahan sebuah negeri dapat dilihat dari sejauh mana nilai ketakwaan pemimpin dan masyarakat,” ungkap Dr. Isman Saleh saat khotbah di hadapan jamaah.

Dr. Isman Saleh juga berharap melalui momen Idul Fitri, kita mampu untuk melakukan muhasabah agar krisis moral dan kegiatan yang jauh dari nilai-nilai agama dapat diperbaiki ke depannya.

“Harapan kita dengan puasa adalah untuk melakukan muhasabah agar kita dapat melihat permasalahan yang muncul akhir-akhir ini yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam. Cara seperti itu mengkhianati batin dan rohani kita sebagai muslim,” tambahnya.

Sementara itu, ketua panitia, Muhammad Khairul Safa’at, menyampaikan bahwa jamaah yang mengikuti salat Idul Fitri diperkirakan berjumlah seribu lebih. Sebelumnya, panitia telah mempersiapkan tempat sholat dengan mengajukan perizinan ke pihak terkait, kemudian menyiapkan perlengkapan dan susunan acara. Agar tertib dan aman, panitia melibatkan Kokam untuk menjaga dan mengatur lalu lintas.

“Persiapan dimulai dari jam sembilan malam dengan mempersiapkan mimbar, tikar, panggung imam, kotak infaq, dan lain-lain. Pukul dua belas malam, panitia membersihkan lapangan parkir dan membuat garis shaf sholat,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan