Hari ini : Selasa, 21 September 2021 03:55

Ivan Prapanca Wardhana Mahasiswa S2 Sumbangkan Buku Digital

SUKOHARJO – Ivan Prapanca Wardhana Mahasiswa S-2 Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret (UNS) sekaligus Alumni Pendidikan Sejarah Universitas Veteran Bangun Nusantara (UNIVET) menyumbangkan buku digital dengan judul Serangan Umum Empat Hari di Surakarta ke UPT Perpustakaan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Rabu (1/9/2021)

Dalam melakukan penelitian dan pengembangan ini, kami menemukan bahwa mahasiswa merasa kesulitan dalam menemukan buku sumber tentang sejarah lokal utamanya adalah Serangan Umum Empat Hari di Surakarta, kebanyakan adalah buku lama dan apabila tersedia dipasaran obyektifitas dan kebenarannya masih diragukan.

Berangkat dari permasalahan tersebut kami sebagai peneliti berusaha mengembangkan e-Book Serangan Umum Empat Hari di Surakarta agar mahasiswa dan masyarakat umum dapat mengakses sumber belajar yang lebih mendalam dengan mudah dan murah.

Dr. Susanto, M.Hum. sebagai pembimbing dalam penelitian ini menyampaikan bahwa sejarah lokal dianggap menjadi penting apabila memiliki keterkaitan dengan sejarah nasional Indonesia, proses pengakuan kedaulatan indonesia dikancah internasional memiliki keterkaitan erat dengan Serangan Umum Empat Hari di Surakarta.

Selain itu peristiwa ini juga memiliki arti penting dalam proses penyerahan wilayah Surakarta dari Belanda ke Republik Indonesia yang pada saat itu diwakili oleh Letnan Kolonel Slamet Riyadi.

Penelitian ini diharapkan mampu menjadi inspirasi terhadap pemahaman sejarah serta membentuk sifat-sifat patriotic generasi muda dalam memperjuangkan eksistensi negara dan bangsanya.

Kepala UPT Perpustakaan Univet Herry Mulyono, S.Pd., M.Psi. menambahkan, bahwa buku digital ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat umum terutama bagi kalangan Civitas Akademika Univet Bantara Sukoharjo.

Related Posts

Terkini

Sponsor