KKN Univet : Penyemprotan disinfektan dan pemasangan pamflet di lingkungan desa semenharjo

Karanganyar – Dian Wafi’ah Ika Vaffaningsih Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara. KKN Mandiri dilaksanakan dilingkungan tempat tinggal yang belokasi di Desa Semenharjo, Kelurahan Suruhkalang, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar.KKN dilaksanakan selama 45 hari dimulai dari tanggal 1 Februari sampai 17 Maret 2022.

KKN Mandiri memiliki program kerja unggulan yaitu Rumah Cerdas Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (RCU –UVBN). RCU—UVBN terdapat 4 bidang utama yaitu Bidang Pendidikan,Bidang Kesehatan, Bidang Ekonomi Kreatif, Bidang Sosial Budaya.

Tema KKN Mandiri Periode II tahun 2022 adalah Pendidikan Masarakat di Masa Pandemi Covid 19. Program Kerja Utama yang dipilih dalam kegiatan KKN adalah Permainan dalam pembelajaran. Salah satu program penunjang dari KKN ini adalah Penyemprotan disinfektan dan pemasangan pamflet di lingkungan desa semenharjo

Sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19), saya melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan desa Semenharjo. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, penyemprotan disinfektan ke seluruh tubuh seseorang tidak bisa membunuh virus yang terlanjur masuk ke dalam tubuh. Cairan disinfektan dapat membersihkan virus yang menempel di permukaan benda seperti meja dan kursi, gagang pintu atau saklar lampu yang kerap disentuh orang. Sebaliknya, penyemprotan tersebut justru bisa merusak pakaian yang orang kenakan. Pemakaian cairan disinfektan secara langsung ke tubuh dapat membahayakan diri. Bahkan, melukai tubuh orang yang menerima tindakan tersebut.

Saya juga mengedukasi masyarakat terkait pencegahan Covid-19 melalui poster yang dipasang dan dibagikan ke masyarakat. Poster ini merupakan salah satu cara untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan