Rumah Belajar, Bentuk Kepedulian Mahasiswa KKN UNIVET BANTARA pada Anak-anak di Masa Pandemi

Sukoharjo – Havila salah satu mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melakukan kegiatan KKN mandiri di Kampung Genting RT 2 RW 8 Kelurahan Banmati, Kecamatan Sukoharjo.mulai tanggal 1 Februari – 17 Maret 2022.

KKN kali ini bertema ‘Pendidikan Masyarakat di saat Pandemi Covid 19’. Sesuai dengan tema yang diberikan oleh pihak kampus, mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo ingin membantu masyarakat di bidang pendidikan, sehingga didirikanlah ‘Rumah Belajar’.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 kali dalam satu minggu. Kegiatan rumah belajar ini kurang lebh diikuti oleh 17-20 anak, yang terdiri dari murid TK, SD, dan SMP. Dalam kegiatan ini kami berusaha mendampingi anak-anak dalam belajar.

Sistem pembelajaran daring membuat mereka kurang mampu memahami materi yang diberikan oleh guru mereka. Maka dari itu kami mahasiswa KKN hadir untuk membantu anak-anak dalam memahami materi yang telah diberikan. Selain itu kami juga membantu mereka dalam mengerjakan tugas sekolah.

Tidak hanya belajar, kami juga menyisipkan kegiatan prakarya dan permainan agar anak tidak bosan. Prakarya yang sudah kami buat antara lain mozaik dari biji-bijian dan lampion dari stik es krim.

Sedangkan untuk permainan kami memilih permainan tradisional seperti ‘gobak sodor’ dan ‘engklek’. Permainan ini diharapkan menumbuhkan lagi minat anak-anak pada permainan jadul dan mengurangi intensitas penggunaan smartphone pada anak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan